skip to Main Content
021 2788 3570 contact@npp-asia.com

Berkenalan dengan Maximo for Transportation

Berkenalan Dengan Maximo For Transportation

Business Applications – Asset Management

 

Aset merupakan objek vital bagi suatu perusahaan. Jika pengelolaan aset yang dilakukan oleh perusahaan  kurang baik, maka bisa mengakibatkan kerugian yang besar dan bahkan bisa menyebabkan operasional perusahaan terhenti jika terjadi kerusakan. Untuk menanggulangi agar kejadian ini tidak terjadi, sangatlah penting bagi suatu perusahaan dengan cara me-maintenance asset dengan baik dan benar.

Saat ini maintenance asset bisa didigitalisasi dengan menggunakan software EAM (Enterprise Asset Management). EAM sendiri merupakan gabungan dari software, service dan sistem yang digunakan untuk mengontrol penggunaan asset dan equipment. EAM ditujukan untuk mengoptimalkan penggunaan asset dengan cara memperpanjang life cycle asset dan mengurangi operational cost dari asset itu sendiri.

IBM Maximo merupakan salah satu software EAM. Maximo memiliki beberapa key-features yang terus diupdate agar dapat memenuhi semua kebutuhan dari pengguna. Adapun key-features IBM Maximo adalah:  Work Management, Phases of Maintenance, Planning and Scheduling, Supply Chain Management, Health and Safety, Mobility, Analytics dan Cloud.

Maximo dapat digunakan di berbagai industri, diantaranya untuk bidang transportasi. Pada bidang transportasi Maximo lebih difokuskan untuk memberikan detail tentang asset dan inventaris yang mengaktifkan fungsi service atau logistic. 

Maximo untuk transportasi menawarkan sebuah solusi yang lengkap untuk seluruh asset dari model transportasi:

  • Mobil, truk dan bus
  • Lokomotif dan peralatan kereta api
  • Pesawat terbang
  • Perahu dan kapal

Asset Management Consultant

Maximo for Transportation menggabungkan fitur untuk memperpanjang masa pakai asset, mengoptimalkan dalam manajemen pemakaian suku cadang dan meningkatkan maintenance yang direncanakan. Saat ini Maximo for Transportation juga memperkenalkan penggunaan untuk management asset perkeretaapian.

Perkembangan fitur pada Maximo for Transportation saat ini sudah mampu meningkatkan kapabilitas work management, kualifikasi untuk labor atau pekerja, maintenance alerts dan mencatat rekaman ketika inspeksi dan pembersihan. Maximo for Transportation juga menggabungkan clipboard mekanik dan memfasilitasi jika ada pesanan perbaikan dari luar. Selain itu pada fitur manajemen inventaris tidak hanya sebatas melakukan pencatatan inventaris biasa tapi sudah bisa mencakup dalam manajemen tangki bahan bakar. 

Perbedaan mendasar antara Maximo for Transportation dengan Maximo Standard terletak pada beberapa modul yang memang khusus ada pada Maximo for Transportation. Adapun modul-modul yang ada pada Maximo untuk Transportasi adalah sebagai berikut:

  1. Administration Module
    Modul ini digunakan untuk membantu dalam task-task administrasi. Modul ini terdiri dari:  Organization Application dan Maintenance Code modul. Maintenance Code modul ditujukan untuk mengatur maintenance code dan position code yang nantinya bisa diasosikan dengan asset dan asset components. Pada Maintenance Code Module terdapat 2 aplikasi yaitu Maintenance Code Application dan Position Code Application.
  2. Asset Module
    Asset modul terdiri dari 3 aplikasi yaitu Asset Application, Asset Template Application dan Log Application. Ketiga modul ini didesign untuk mengatur asset yang dimiliki oleh perusahaan atau asset yang disewa perusahaan ke perusahaan lain.
  3. Data Import Module
    Ini merupakan salah satu modul pembeda antara Maximo for Transportation dengan Maximo Standard. Modul ini digunakan untuk mengimport data dari eksternal ke dalam Maximo for Transportation. Pada modul ini terdapat satu aplikasi yaitu Fuel Transaction Import Application. Aplikasi inilah yang nantinya digunakan untuk import data meter dan transaksi dari luar.
  4. Inventory Module
    Modul ini digunakan untuk mengatur inventory dan spare parts. Modul ini terdiri dari 3 aplikasi yaitu Fuel Issues Application, Inventory Counting Application, Stick Readings Application.
  5. Motor Pool Module
    Modul ini juga merupakan modul yang khusus ada pada Maximo for Transportation. Modul ini membantu dalam pengelolaan permintaan kendaraan, pengiriman kendaraan dan juga terkait dengan permasalahan pembayaran. Adapun aplikasi yang masuk dalam modul ini adalah Rate Schedules Application, Vehicle Requests Application dan Vehicle Scheduling Applications.
  6. Planning Module
    Modul ini terdiri dari satu aplikasi pendukung yaitu Asset List Applications. Module ini ditujukan untuk merencanakan bagaimana suatu pekerjaan dilakukan.
  7. Preventive Maintenance Module
    Modul ini digunakan untuk mengelola pekerjaan yang dilakukan secara terjadwal untuk menjaga aset tetap berjalan secara efisien. Pada modul ini terdapat 2 aplikasi yaitu Preventive Maintenance Application dan Master PM application.
  8. Warranties Module
    Modul ini juga tidak terdapat pada modul-modul standard yang ada di Maximo. Modul ini digunakan untuk mengatur item warranties, asset warranties dan warranties claim. Modul ini terdiri dari 3 aplikasi yaitu: Asset Warranty Contract Application, Item Warranty Contract Application dan Warranty Claims application.
  9. Work Orders Module
    Modul ini digunakan untuk melacak pekerjaan yang telah dilakukan di masa lalu dan untuk merencanakan pemeliharaan kerja dimasa mendatang. Modul ini mencakup beberapa aplikasi, yaitu Work Order Tracking Application, Labor Reporting Application, Quick Reporting application, Campaigns Application, Assignment Manager Application, Mechanic’s Clipboard Application dan Inspection and Servicing Application.

Kesimpulan

Asset memegang peranan penting dalam keberlangsungan proses produksi di suatu perusahaan. Oleh karena itu, asset harus bisa dirawat dengan baik agar penggunaannya bisa optimal dan bisa digunakan hingga jangka waktu yang lama. Maintenance asset dalam era yang serba digital saat ini bisa dipermudah dengan menggunakan EAM (Enterprise Asset Management). Salah satu contoh produk EAM ini adalah IBM Maximo. 

Banyaknya industri yang menyokong kebutuhan kita, menjadikan perlu penanganan khusus untuk setiap industri tersebut, tak terkecuali transportasi. Beberapa moda transportasi membantu kita untuk bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain dengan mudah dan waktu tempuh yang relatif singkat. Agar moda transportasi tersebut bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama, maka dibutuhkan perawatan. 

Perawatan moda transportasi ini bisa dipermudah dengan menggunakan IBM Maximo for Transportation. Maximo for Transportation ini terdiri dari beberapa modul khusus yang sangat membantu, diantaranya Data Import module, Motor Pool module dan Warranties module. Dengan adanya modul khusus yang memang ditujukan untuk perawatan moda transportasi saja diharapkan mampu me-manage asset dengan mudah dan mampu memperpanjang life cycle asset transportasi itu sendiri.

Untuk membantu memaksimalkan penggunaan asset di dalam bisnis transportasi, PT Niagaprima Paramitra dapat memberikan konsultasi terkait dengan bagaimana Maximo bisa sangat membantu permasalahan Anda.

Ditulis oleh : M Arief – Asset Management Consultant PT Niagaprima Paramitra

WhatsApp chat