skip to Main Content
021 2788 3570 contact@npp-asia.com

Better Analysis with Data Visualization Tool

Better Analysis With Data Visualization Tool

Better Analysis with Data Visualization Tool

Dewasa ini, fakta bahwa data sebagai variabel penting dalam perusahaan semakin tidak terbantahkan. Data menjadi tolok ukur perkembangan perusahaan dan memiliki andil besar terhadap arah kemajuan perusahaan.  Namun, tidak semua perusahaan bergerak beriringan dengan data yang mereka miliki. Perusahaan berkembang hanya sebatas laporan berkala yang disajikan tanpa menggali lebih dalam.

Selain itu, banyak perusahaan yang bergerak hanya sebatas menampung data. Mereka menyimpan data dari beberapa waktu lalu, namun belum bergerak untuk berusaha mengerti apa yang ingin disampaikan oleh data yang mereka miliki. 

Beberapa perusahaan mengandalkan grafik statis dari data yang diberikan kepada mereka melalui tim IT secara berkala. Meskipun langkah ini cukup baik, tetapi dengan data yang terbatas dan kecilnya kemungkinan eksplorasi data (karena terpaku pada pembuatan laporan berkala), maka kemungkinan untuk terlewatnya informasi yang disampaikan dari data itu sendiri akan semakin besar. 

Sebagian kecil perusahaan bergantung pada tim IT untuk membuat visualisasi sesuai keinginan dan kebutuhan para pemegang kepentingan (stakeholder). Meskipun langkah ini baik, tetapi kondisi ini kurang ideal untuk jangka panjang. Perlunya koordinasi antara tim IT dan stakeholder, pemahaman isi data bagi tim IT, dan proses pembuatan visualisasi tentu akan memakan waktu.

Data visualization tool hadir untuk menjawab kebutuhan dari perusahaan terkait informasi dari data yang mereka miliki. Kemudahan bagi stakeholder untuk membangun suatu visualisasi demi memahami kondisi yang terjadi di lapangan dan informasi yang disampaikan dari data yang ada menjadi daya jual utama dari data visualisasi.

Tak hanya menampilkan isi data perusahaan, data visualization tool berusaha mendorong para stakeholder dan penggunanya untuk mengeksplorasi data hingga memperoleh insight terkait aktivitas transaksional yang terjadi sehari-hari dari waktu ke waktu. 

Data visualisasi menjadi penting dengan hasil yang akan diberikan, seperti:

  1. Analisis data dengan cara yang lebih baik
    Melalui data visualisasi, data yang ada ditampilkan secara mendalam dan menyeluruh, selain disajikan dengan lebih menarik. Visualisasi dengan grafik yang sesuai dan penggambaran yang cocok akan menghasilkan pemahaman data yang baik. Hal itu akan membawa pada eksplorasi data yang menyeluruh sehingga analisis terjadi di tingkat mendalam.Laporan secara statis atau berupa tabulasi membutuhkan konsentrasi penuh dan pemahaman, sementara laporan secara dinamis yang memainkan sisi visual dapat membantu pemahaman poin-poin krusial dari data yang ada sesuai kondisi di lapangan.
  2. Pengambilan keputusan yang lebih cepat
    Secara bawah sadar, manusia mengolah informasi dari visualisasi lebih cepat dibandingkan informasi secara tabulasi yang kurang menarik.
    Sebagai hasil dari visualisasi yang tepat, pertanyaan yang sesuai juga akan muncul. Dengan bantuan pemusatan poin-poin penting dalam suatu visualisasi, pembahasan menjadi terarah dan pengambilan keputusan bisa lebih tepat sasaran menuju penyelesaian masalah yang muncul.
  3. Pemahaman yang lebih baik dari data yang ada
    Berkat bantuan data visualisasi, data yang berjumlah banyak bisa ditampilkan dengan efisien dalam suatu visualisasi. Dari visualisasi tersebut, tren maupun penyimpangan di sisi data yang ada bisa tampak, sehingga anomali yang ada bisa digali lebih dalam penyebabnya. Dengan penyelesaian masalah yang terjadi di sisi root cause, perkembangan perusahaan menjadi meningkat.

Penulis :

Timothy Wiradanny

Data Visualization Analyst PT Niagaprima Paramitra

WhatsApp chat