skip to Main Content
021 2788 3570 contact@npp-asia.com

Cisco DNA dan Cara Mengaktifkannya

Cisco Digital Network Arsitektur atau lebih dikenal sebagai Cisco DNA adalah sebuah arsitektur Cisco yang digunakan untuk melakukan monitoring dan troubleshooting jaringan yang berskala enterprise, dan merupakan layanan yang digunakan Cisco DNA sendiri dengan melakukan pendekatan Software-Driven yaitu pendekatan yang berbasis perangkat lunak.

Saat ini, dengan semakin banyaknya bisnis yang mengandalkan jaringan secara digital, maka dibutuhkan sistem untuk mengatur monitoring dan konfigurasi perangkat-perangkat jaringan tersebut, dimana Cisco telah menyediakan solusinya yakni Cisco DNA dengan beberapa fungsi sebagai berikut: 

  • Dapat mengontrol dashboard jaringan atau mengatur tampilan monitoring jaringan yang ada, selama jaringan tersebut terhubung satu sama lain. 
  • Dapat mempermudah Perusahaan untuk mengatur atau mengelola tampilan monitoring jaringan. 
  • Dapat mengatur konfigurasi perangkat jaringan yang luas.
  • Dapat mengoptimalkan investasi terhadap perangkat jaringan, dan menurunkan pengeluaran IT Perusahaan, karena jika terjadi masalah yang berada di luar kota, maka team IT tidak harus datang ke lokasi.
  • System Cisco DNA ini juga dapat mensupport perangkat network pihak ketiga untuk mengoptimalkan kinerjanya agar dapat menjangkau jaringan yang lebih luas.

Selain fungsi di atas, perlu diketahui bahwa Cisco DNA ini termasuk sistem open source yang dapat diperluas sesuai bisnis yang  dijalankan.

PERMASALAHAN YANG TERJADI

Masih banyak perusahaan-perusahaan yang saat ini yang masih menggunakan design infrastruktur secara manual yang dapat menyita waktu dan tenaga, dimulai  dari melakukan maintenance atau perawatan perangkat jaringan, troubleshooting atau pencarian masalah yang terjadi dan solving masalahnya, dan yang terakhir adalah provisioning atau penyediaan perangkat IT yang dibutuhkan.

SOLUSI PERMASALAHAN

Untuk perusahaan yang masih mengadopsi design infrastructure secara manual dan perlu melakukan pekerjaan-pekerjaan yang telah disebutkan sebelumnya, maka ada baiknya perusahaan tersebut mempertimbangkan untuk mulai beralih ke solusi Cisco DNA agar dapat membantu kinerja IT, dimana dapat membantu team IT dalam melakukan 3 (tiga) pekerjaan yang disebutkan sebelumnya  (provisioning, maintenance dan troubleshooting) menjadi lebih cepat dan tepat, mengingat bahwa 3 (tiga) pekerjaan tersebut terlebih dahulu telah dianalisa melalui Cisco DNA.  Selain itu, Cisco DNA sudah menerapkan  automation dan sistem intelijen  untuk  mendeteksi ancaman keamanan jaringan.  Cisco DNA juga dapat digunakan sebagai sebuah sistem intelegent yang berfungsi untuk automation, policy, dan analytics.

KETERSEDIAAN CISCO DNA

Untuk perusahaan yang ingin menggunakan Cisco DNA ini tidak perlu membelinya secara terpisah, karena Cisco DNA ini telah include pada SDN (Software-Defined Networking) controller nya Cisco atau software yang disediakan oleh Cisco.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN CISCO DNA

Keuntungan yang didapat ketika perusahaan menggunakan Cisco DNA adalah mempermudah dalam operasional IT karena dapat mempersingkat waktu pengerjaan troubleshooting, maintenance dan provisioning, mengurangi pengeluaran, mendeteksi ancaman, serta dapat mengatasinya dengan cepat karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Cisco DNA ini mencakup aspek automation dan system intelligence, dan Cisco DNA juga mudah diintegrasikan dengan system IT lainnya seperti Cloud dan IoT platform.

CARA MENGAKTIFKAN CISCO DNA

Jika Perusahaan telah memiliki produk Cisco sebelumnya, maka cara untuk mengaktifkan Cisco DNA  ini adalah dengan membeli DNA license dari Cisco, dimana license DNA ini memiliki tiga tingkatan yakni Essential, Advantage, dan Premier.

  1. Feature yang didapat dari Cisco DNA Essential antara lain: Otomatisasi Dasar, Monitoring, dan Pemusatan Manajemen.
  2. Feature yang didapat dari Cisco DNA Advantage  antara lain: Otomatisasi berbasis kebijakan dengan akses yang ditentukan oleh Software, Assurance dan AI (Artificial Intelligence) Network Analytics, Visibilitas lengkap dengan Cisco ThousandEyes, dan Cisco DNA Spaces untuk Smart Building
  3. Feature yang didapatkan Cisco DNA Premier adalah Full feature mencakup fitur Cisco DNA Essential dan Cisco DNA Advantage.

Penulis :

Ahmad Nurbaitillah – IT Network security consultant PT Niagaprima Paramitra


REFERENSI

https://nds.id/en/what-is-cisco-dna-and-how-can-you-activate-it/

https://www.cisco.com/site/id/en/products/networking/dna-center-platform/index.html

WhatsApp chat