skip to Main Content
021 2788 3570 contact@npp-asia.com

DATA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PERUSAHAAN

DATA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PERUSAHAAN

DATA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PERUSAHAAN

Peningkatan transaksi Digital di Indonesia terus bertambah setiap tahunnya. Pernyataan ini disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, yang dalam penjelasannya menyatakan bahwa transaksi yang menggunakan digital tahun 2022 naik menjadi 12% dibandingkan dengan tahun 2021 yaitu mencapai Rp 30,8 triliun.

Berkembangnya transaksi digital didukung oleh aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan dan basis data yang dimiliki perusahaan tersebut. Perkembangan perusahaan di era digital saat ini mendorong perusahaan memiliki lebih dari satu aplikasi dan satu basis data dengan berbagai macam teknologi yang berbeda-beda. Aplikasi dan basis data yang masih terpisah-pisah tersebut menyimpan potensi-potensi yang belum tergali untuk dapat meningkatkan penjualan perusahaan ataupun melakukan efisiensi di dalam perusahaan. 

INTEGRASI BASIS DATA UNTUK KEPERLUAN MARKETING

Salah satu inovasi cross-selling yang memperkuat fundamental bisnis telah dilakukan oleh PT. GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). GOTO yang memiliki 3 platform bisnis Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial melakukan usaha percepatan pencapaian profitabilitas dengan cara melakukan cross-selling antar platform. Sejak strategi sinergi ekosistem ini dilakukan, pengguna platform bertumbuh sebesar 37% pada bulan Agustus 2022 yang merupakan pertumbuhan yang lebih besar dari kuartal pertama 2022 yaitu sebesar 21%.

Inovasi cross-selling yang dilakukan oleh GOTO tidak lepas dari inovasi teknologi yang terjadi di belakang baik dari sisi aplikasi ataupun basis data. Dengan basis data besar yang dimiliki oleh 3 platform bisnis GOTO merupakan sebuah potensi market yang bisa meningkatkan penjualan. Contoh keberhasilan yang dilakukan oleh GOTO di atas dapat dilakukan oleh perusahaan-perusahaan lain yang memiliki lebih dari satu bisnis yang berbeda dalam satu perusahaan atau grup perusahaan. 

INTEGRASI BASIS DATA DENGAN INFORMATICA

Salah satu teknologi yang mampu melakukan data Integrasi adalah dengan menggunakan  Informatica Data Integrasi. Melalui Informatica Data Integrasi,  inovasi cross-selling sangat mungkin dilakukan dengan mudah oleh perusahaan-perusahaan lain. 

Informatica adalah perusahaan yang memimpin di bidang Enterprise Data Management yang memiliki kemampuan meningkatkan dan memberdayakan bisnis untuk mewujudkan kekuatan transformatif data. Informatica telah berhasil memajukan strategi data perusahaan dengan lebih dari 5.000 pelanggan di lebih dari 100 negara. Informatica telah dipakai oleh 85 perusahaan yang masuk dalam kategori Fortune 100.

Data yang besar memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya yang tidak dapat dilakukan secara manual dan menggunakan cara lama. Integrasi data yang besar, kompleks dan tersebar di beberapa tempat basis data yang berbeda memerlukan kemampuan proses yang cepat dalam koneksi berbagai macam basis data tersebut. Kemampuan Informatica secara cerdas yang dapat digunakan terhadap berbagai macam teknologi basis data memberikan nilai tambah terhadap perusahaan, seperti misalnya pada peningkatan produktivitas tim pengolah data di perusahaan, pemanfaatan data secara berulang kali dan meningkatkan performa integrasi data.

 

KEBERHASILAN NPP DALAM MELAKUKAN INTEGRASI DATA

  1. Niagaprima Paramitra (NPP) telah berhasil membantu pelanggan NPP untuk bisa melakukan cross selling melalui proses integrasi data pada sebuah perusahaan di bidang jasa keuangan. Sebuah perusahaan yang memiliki sub bisnis antara lain di Asuransi Umum, Asuransi Jiwa, Pembiayaan dan Pengelola Dana Pensiun melakukan integrasi data dengan menggunakan Informatica Data Engineering Integration. Setiap sub bisnis dalam perusahaan ini memiliki aplikasi dan basis data masing-masing dengan teknologi yang berbeda. 

Basis data customer yang dimiliki oleh setiap sub bisnis merupakan sebuah potensi market yang besar untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Peningkatan penjualan dapat dilakukan melalui campaign cross selling dari sub bisnis satu ke sub bisnis lainnya.

Solusi Informatica Data Integration dapat diimplementasikan pada setiap database sub bisnis untuk dapat memperoleh satu basis data yang  sama dan bersih atau disebut sebagai golden records. Kemampuan Informatica Data Integration dapat mengklasifikasikan atribut-atribut data yang berbeda pada setiap data. Sebagai contoh kemampuan Informatica mengintegrasikan penulisan tanggal lahir satu pelanggan di dalam aplikasi sub-bisnis memiliki yang berbeda-beda urutan tanggal, bulan dan tahunnya. Integrasi ini juga dapat dilakukan pada atribut seperti penulisan nama, title, pekerjaan dll.

Golden record yang telah dimiliki oleh perusahaan yang berasal dari setiap sub-bisnis inilah yang menjadi sumber untuk dilakukannya cross selling dalam perusahaan. Sebagai contoh suatu pelanggan dari sub-bisnis pembiayaan dapat dianalisa apakah memiliki profil yang cocok untuk ditawarkan product asuransi jiwa. 

Untuk memenuhi compliance dari solusi Integrasi data ini PT. Niagaprima Paramitra juga melakukan data masking atau proses menutupi data sebelum diintegrasikan menjadi golden records. Sehingga sub bisnis lain tidak mengetahui identitas dari pelanggan sub-bisnis lain, yang diketahui hanyalah profil yang tidak berkaitan dengan identitas pelanggan.

TANTANGAN BERIKUTNYA

Peningkatan bisnis melalui strategi digital oleh perusahaan wajib mengikuti perkembangan terbaru. Komputasi awan atau cloud computing, karena ini merupakan teknologi masa depan yang sudah ada di depan mata kita. Peralihan menggunakan komputasi awan oleh perusahaan dinilai lebih efisien dibandingkan dengan membuat infrastruktur sendiri oleh perusahaan. Melalui komputasi awan perusahaan tetap dapat memiliki storage untuk penyimpanan aplikasi dan data perusahaan tanpa perlu membeli hardware atau software dan tidak perlu melakukan pemeliharaan. 

Peralihan teknologi menjadi komputasi awan tidak hanya terjadi pada perangkat penyimpanan saja, tetapi juga pada teknologi pemrosesan data. Informatica sendiri  telah mengembangkan solusi integrasi data berbasis cloud yaitu Cloud Data Integration for Cloud ETL and ELT.  Teknologi integrasi berbasis cloud ini dapat melakukan pengambilan data, pengintegrasian data dan juga pembersihan data dengan lebih cepat, mudah dan biaya investasi yang lebih terjangkau. 

Pengolahan data berbasis cloud oleh Informatica Cloud Data Integration memberikan kemudahan-kemudahan untuk memberikan nilai tambah terhadap data itu yang dapat meningkatkan nilai perusahaan. Kemudahan tersebut antara lain pemrosesan data yang bisa lebih cepat dalam lingkungan cloud dan juga mengurangi biaya karena pemrosesan inetgrasi data dilakukan di cloud yang tidak memerlukan server. 

Teknologi terus bergerak sehingga membutuhkan ketepatan respon perusahaan untuk dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh perusahaan tersebut, termasuk data yang belum diolah. Pengolahan data juga perlu terus dimanfaatkan dengan teknologi-teknologi yang terus diperbaharui. Kreasi, tanggap terhadap perubahan, pemanfaatan potensi yang sebetulnya ada merupakan beberapa cara perusahaan untuk dapat terus berkembang.

 

Penulis : 

Ahmad Bagus Santoso, MM. 

Associate General Manager Sales

PT NIAGAPRIMA PARAMITRA

 

SUMBER : 

https://www.kompasiana.com/sefriton19/6374f326ad02b13a302023e2/generasi-muda-investasi-teknologi-digital-ikuti-5-langkah-ini 

https://market.bisnis.com/read/20220815/192/1566950/bisa-pesan-gofood-di-tokopedia-strategi-cross-selling-grup-goto-kian-berhasil 

https://www.informatica.com/content/dam/informatica-com/en/collateral/data-sheet/big-data-management_data-sheet_2194.pdf

https://www.informatica.com/products/cloud-data-integration.html 

 

WhatsApp chat