skip to Main Content
021 2788 3570 contact@npp-asia.com

Digital Transformation : Pengertian dan Kunci Keberhasilan

Digital Transformation : Pengertian Dan Kunci Keberhasilan

Perubahan yang terjadi di beberapa tahun sebelumnya seperti menyetel film dengan menggunakan DVD, berlangganan koran yang dapat dilipat (hardcopy), atau mendengarkan radio menggunakan alat tape recorder, kemungkinan hal tersebut sudah lama tidak dilakukan lagi, dikarenakan perubahan sehari-hari yang telah dihasilkan dari industri yang mempengaruhi transformasi digital. Teknologi berkembang secara pesat, merubah cara manusia beraktivitas, berkomunikasi, dan bertransaksi.

Pengertian Digital Transformation

Perkembangan teknologi yang hadir di tengah-tengah kita, menuntut, baik individu maupun organisasi untuk melakukan transformasi digital. Digital Transformation merupakan sebuah proses dengan mengadopsi teknologi digital untuk mengubah proses yang ada sehingga menciptakan hal atau cara baru. Dengan kata lain, transformasi digital merupakan perubahan suatu perusahaan atau organisasi yang melibatkan sumber daya manusia, proses, strategi, struktur, melalui adopsi teknologi untuk meningkatkan kinerja (Royyana, 2018). 

Semua yang terlibat perlu mengelola dan memahami bersama tentang kegiatan transformasi digital yang akan dilakukan. Salah satu tujuan dari transformasi digital adalah mengubah cara lama menjadi lebih efektif dan efisien, terutama dalam menjalankan bisnis.  

Kunci Keberhasilan Transformasi Digital

Transformasi digital tidak dapat dilakukan semudah yang dibayangkan, untuk itu perlu di perhatikan hal-hal penting untuk mencapai keberhasilan dalam melaksanakan transformasi digital.

Berikut adalah 4 faktor kunci keberhasilan Transformasi Digital:

  1. Kemampuan Perubahan Organisasi
    Pimpinan dan manajemen perusahaan harus berhasil meyakinkan seluruh pihak untuk bertransformasi bersama. Komunikasi efektif dan non-birokratis terbukti berhasil dalam membangkitkan dukungan para karyawan dan staf perusahaan.
  2. Proses
    Merancang proses bisnis sesuai dengan kebutuhan customer/pelanggan perusahaan. Melakukan reengineering terhadap proses yang dimiliki saat ini, dengan cara melakukan Eliminasi, Simplifikasi, Integrasi, dan/atau Otomatisasi. Mengukur kecepatan proses bisnis secara end-to-end dengan menggunakan parameter waktu, biaya, dan kualitas dan melakukan benchmarking atau mengacu pada best practices.
  3. Data
    Semua aktivitas yang dilakukan dalam perusahaan harus berbasis pada data yang valid dan berkualitas, karena pengambilan keputusan berbasis data dan penggunaan alat interaktif yang terlihat dapat melipatgandakan kemungkinan keberhasilan transformasi.
  4. Teknologi
    Memakai teknologi yang tepat guna, seperti big data, cloud computing, machine learning, internet-of-things, melakukan kerjasama dengan mitra teknologi yang kompeten dan merancang lingkungan dan arsitektur (ekosistem) teknologi yang cepat serta fleksibel dalam beradaptasi dengan perubahan, semua hal ini dapat menjadi kunci keberhasilan transformasi digital.

Kesimpulan

Pada saat kondisi pandemic ini, karyawan perusahaan tidak lagi harus selalu bekerja di kantor, mereka bisa bekerja dimana saja dengan device apa saja dan mengakses aplikasi perusahaan secara aman, termasuk melakukan meeting online juga. Perusahaan bisa melakukan Transformasi Digital agar dapat meningkatkan performance perusahaan, menjaga operasional dan stabilitas perusahaan.

Kami PT. Niagaprima Paramitra sebagai salah satu penyedia solusi IT dan system integrator yang berpengalaman, dapat membantu Customer untuk menyediakan dan mendukung perjalanan transformasi digital di lingkungan perusahaan customer, seperti: infrastruktur IT, cloud computing, Internet of Things (IoT), Big Data, Artificial Intelligence dan lainnya dengan hasil yang maksimal.

Jika anda masih ragu memilih solusi terbaik untuk proses digital transformasi perusahaan anda, silahkan coba diskusi lebih lanjut dengan kami di product.management@npp-asia.com 

Penulis : Nur Amaliah

References :

 

WhatsApp chat