skip to Main Content
021 2788 3570 contact@npp-asia.com

IBM Maximo Application Suite (MAS) Enterprise Asset Management

Gambaran IBM Maximo Application Suite

IBM saat ini telah mengembangkan dan memperluas platform CMMS/EAM Maximo menjadi Maximo Application Suite dengan menyediakan Remote Asset Monitoring, Maintenance dan Reliability dalam satu platform yang dapat meningkatkan waktu kerja, produktivitas, dan mengurangi biaya pemeliharaan.

Di dalam Maximo Application Suite ini, IBM telah menyederhanakan instalasi dan administrasi serta sekaligus meningkatkan pengalaman pengguna dengan shared data, workflow, UX dan penggunaan aplikasi yang fleksibel. Dengan akses serta fitur yang diperluas ke dalam CMMS/EAM dan asset performance management applications, perusahaan akan mendapatkan visibilitas operasional aset melalui lifecycle dengan mendapatkan ROI yang lebih cepat, peningkatan produktivitas dan waktu operasional.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Maximo Application Suite adalah sebuah aplikasi pengelolaan aset yang mampu memecahkan tantangan pengelolaan aset bagi perusahaan karena didalamnya terdiri dari sekumpulan aplikasi asset management. Kenapa aplikasi ini cocok untuk menjadi aplikasi pengelolaan aset bagi perusahaan? Karena IBM telah menggabungkan teknologi Enterprise Asset Management (EAM) tradisional (Maximo Manage) dengan Asset Performance Management (Maximo Monitor, Maximo Health & Predict) dan memperluas kemampuannya lebih jauh dengan Maximo Asset, Maximo Safety dan Maximo Visual Inspection (yang dimana semua ini adalah bagian dari IBM Maximo Application Suite).

Perkembangan IBM Maximo EAM

Dalam rentang waktu pengembangannya, IBM Maximo versi 7.5 dikeluarkan pada tahun 2011, IBM Maximo Application Suite (MAS) V8.0 release pada tahun 2020, dan pada tahun 2022 ini IBM maximo mengeluarkan versi terbaru yaitu IBM Maximo Application Suite (MAS) V8.7  dan semua tergambar di bawah ini:

Keuntungan Menggunakan Maximo Application Suite
Modul dan Fitur IBM Maximo Application Suite

IBM Maximo Application Suite sendiri memiliki beberapa modul dan fitur yang tergambar pada gambar berikut ini:

– Maximo Manage

Maximo Manage menjembatani kesenjangan antara life cycle aset dan aktivitas manajemen pemeliharaan untuk memberikan pemahaman yang baik tentang semua aset perusahaan. Ini mencakup beberapa fitur, sebagai berikut:

  • Work Management: Dalam kebutuhan untuk mengelola aktivitas kerja yang direncanakan dan tidak direncanakan secara terpusat sangat penting. Sebagai contoh adalah menangkap tanda tangan elektronik dengan barcode atau melacak aset menggunakan RFID serta melaporkannya. Fitur ini memudahkan proses yang pada akhirnya akan mengarahkan ke arah peningkatan produktivitas.
  • Planning and Scheduling: mengoptimalisasi tenaga kerja, dimana user dapat melihat secara grafis semua tugas mereka pada Gantt Chart, dengan navigasi yang memudahkan setiap work order sehingga petugas operator dapat mengelola tugas dengan lebih mudah daripada sebelumnya.
  • Workforce Management: Ketika tim dikirim ke suatu lokasi yang membutuhkan skills, peralatan, dan dokumentasi yang layak dan cepat biasanya akan membutuhkan biaya yang besar. Selain itu mereka membutuhkan peta akses untuk menunjukkan lokasi sumber daya mereka di lapangan, agar tidak membuang waktu untuk mencari keberadaan rekan  yang sedang membutuhkan bantuan.
  • Supply Chain Management: Setiap bisnis di era sekarang bertransformasi ke arah digital dan terus berkembang.  Kegiatan operasional dan fungsi TI menyatu dengan lingkungan yang terus berubah dan membutuhkan manajemen yang efektif, baik untuk tujuan jangka pendek maupun stabilitas jangka panjang. Fitur ini dapat menggabungkan aplikasi operasional ke dalam satu lokasi terpusat yang membantu mengurangi risiko sekaligus memastikan efisiensi di semua area yang terlibat.
  • Health & Safety: Tujuan utama dari inisiatif ini adalah mengurangi resiko secara keseluruhan sambil membantu user untuk mematuhi regulasi yang ada, dan membuat environment operasi yang efisien dan aman bagi karyawan. Untuk mencapai tujuan tersebut, fitur ini membantu standarisasi di semua departemen juga mengintegrasikannya ke dalam manajemen operasional sehari-hari. Sehingga setiap pekerja memiliki akses informasi tentang di mana dia dapat menemukan sumber daya yang berkaitan dengan masalah atau tugas yang ada.
  • Mobility: Untuk menyelesaikan pekerjaan secara efektif, para pekerja dan teknisi membutuhkan smart device untuk mendukung pekerjaan mereka. Dengan solusi seluler/mobility ini, memungkinkan mereka untuk mendapatkan informasi secara realtime dengan fitur foto ataupun mengubah input suara menjadi teks tertulis yang dapat disimpan di perangkat seluler.

– Maximo Monitor

Maximo Monitor adalah solusi yang memungkinkan tim operasional untuk memantau aset dari jarak jauh dan mengoptimalkan runtime mereka, dengan kemampuan seperti aplikasi analitik tanpa kode dan deteksi anomali berbasis AI. Dengan adanya alat ini, mudah bagi teknisi maintenance untuk mempelajari akar dari sebuah alerts sebelum mengambil tindakan perbaikan sehingga bisa menghemat waktu dan juga biaya dari proses memperbaiki kesalahan fatal yang disebabkan oleh praktik kerja yang tidak efisien. Berikut ini beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh maximo monitor:

  • Menyediakan visualisasi dan deteksi anomali data realtime.
  • Menggali lebih dalam ke data tren historis.
  • Maximo Monitor memungkinkan untuk membuat skala operasional insight di seluruh departemen, fasilitas, dan geografi. Dasbor yang dapat di custom ini, memudahkan untuk menerima informasi dengan cara yang jelas untuk semua bagian.
  • Fitur Maximo Monitor dirancang untuk membantu tim operasional dan maintenance technician lebih memahami tren historis, sekaligus memberi mereka alat untuk intervensi cerdas. Peringatan berbasis aturan ini dapat dikonfigurasi seperti untuk mendeteksi anomali dan menelusuri akar masalah. Hal ini memberikan visibilitas yang lebih besar bagi tim teknisi ketika mesin mengalami waktu henti atau masalah muncul.

– Maximo Visual Inspection

Maximo Visual Inspection menyediakan cara bagi perusahaan untuk menggunakan AI dalam inspeksi dan pemantauan mereka. Proses ini membantu teknisi mengumpulkan informasi bagi management perusahaan tentang apa yang mereka lihat, serta membantu mengambil keputusan jika ada masalah di masa mendatang.

– Maximo Health

Maximo Health memberikan langkah awal dalam mengelola kinerja aset penting. Dengan cara mendapatkan informasi tentang aset dan usianya serta riwayat maintenance-nya, Perusahaan dapat dengan cepat mengambil keputusan jika ada potensi mengganggu proses bisnis. 

 

Solusi bisnis Maximo Health dan platform menyediakan berbagai opsi analitik bagi perusahaan yang ingin membuat keputusan yang lebih tepat tentang operasional. Berikut ini beberapa fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini :

  • Asset Health Scoring: Maximo Health menyediakan fitur untuk mengelompokan aset berdasarkan skor serupa, lalu menggunakan rumus dari elemen penilaian yang dapat tetap digunakan atau memilih yang baru dengan menggunakan objek di Maximo Enterprise Asset Management (EAM). Dengan ini kita dapat memetakan skor ke dalam set umum seperti Baik/Sedang/Buruk.
  • Mapping Data: Maximo Health memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi sumber data terkait kondisi aset, apakah itu dalam IBM Maximo Monitor atau Asset Management Operations Center. Ini juga menyediakan peta yang menghubungkan aset dan pembacaan meter dengan titik sensor sehingga dapat terlihat di mana semuanya berada secara real time.
  • Asset Health Visualization: Tampilan daftar Maximo Health yang dapat disesuaikan memungkinkan pengguna untuk melihat kesehatan aset di perusahaan melalui opsi pemfilteran yang disesuaikan. Data yang terkait dengan setiap aset dapat ditampilkan dan diurutkan sebagai kolom untuk analisis yang lebih mudah atau setelah item dipilih, informasi seperti skor kinerjanya ditampilkan bersama dengan tindakan yang tersedia untuk mengurangi risiko.

– Maximo Predict

Maximo Predict akan membantu mengidentifikasi dan mengelola asset reliability risks  yang dapat mempengaruhi operasional produksi. Solusi ini memungkinkan perusahaan untuk menerapkan analitik machine learning guna meningkatkan strategi pemeliharaan untuk kinerja peralatan yang optimal dengan downtime yang minimal. Berikut ini kemampuan dari maximo predict yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan :

  • Menilai kinerja aset yang penting hari ini untuk membantu merencanakan dan memprioritaskan kebutuhan pemeliharaan untuk aktivitas kerja di kemudian hari.
  • Untuk mengoptimalkan manajemen aset, penting bagi perusahaan untuk mengetahui berapa banyak pemeliharaan yang dilakukan. Perusahaan dapat menggunakan analisis preskriptif dan menentukan aset mana yang lebih membutuhkan perhatian karena kondisinya dibandingkan aset yang lain.
  • Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja aset, untuk panduan  strategi maintenance.

Maximo Predict sendiri memiliki fitur sebagai berikut:

  • Predictive Modeling: Maximo Predict menyediakan lima template untuk membantu para data scientists dalam membangun model prediktif yang paling umum seperti prediksi probabilitas kegagalan, faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kerusakan mesin, dan perkiraan tanggal kapan hal itu akan terjadi. 
  • Scoring: Model yang dibuat dari template Predict menghasilkan output yang dapat divisualisasikan secara otomatis dalam widget di dasbor Maximo Health. Skor model yang dipilih juga tersedia untuk dilihat melalui tampilan daftar yang dapat disesuaikan, serta riwayat kinerja aset dan masalah yang ditemukan selama proses pemodelan prediktif, semuanya dikumpulkan menjadi satu tampilan agar mudah untuk dipelajari.
  • Integration with Monitor & Health: Maximo Monitor memiliki API bawaan yang memungkinkan Anda membuat visualisasi khusus dan formula kesehatan.

– Maximo Mobile

Maximo Mobile dirancang untuk meningkatkan produktivitas teknisi dan keterlibatan kerja. Dengan Maximo Mobile ini, teknisi dapat bekerja dengan informasi yang tepat pada waktu yang tepat dalam satu aplikasi tunggal.  Maximo Mobile tersedia dalam mode online dan offline serta mendukung bantuan Maximo AI dan AR melalui Maximo Assist. Maximo Mobile membantu pengguna untuk mendapatkan hasil dan produktivitas yang lebih baik. Berikut ini fitur dari maximo mobile yang dapat digunakan oleh perusahaan:

  • Boost Productivity: Dengan remote assistance and AI-powered tools, teknisi dapat menemukan solusi bahkan di lokasi yang paling terpencil.
  • Avoid Downtime: Computer Vision dan inspeksi visual berbasis AI dapat menemukan kesalahan dalam operasional bahkan sebelum teknisi menyadari ada masalah.
  • Finding Answers: Gunakan AI dan keahlian SDM untuk membantu teknisi mengidentifikasi perbaikan dan, menemukan suku cadang yang sesuai dengan kebutuhan aset, serta berkolaborasi dari jarak jauh dengan para teknisi
  • Compliance: Mengintegrasikan data dan proses HSE dapat meningkatkan keselamatan, kinerja lingkungan, serta efisiensi operasional sesuai dengan peraturan.

– Maximo Assist

Maximo Assist membantu manajer aset, manajer pemeliharaan, dan produsen peralatan untuk mendapatkan ketersediaan aset penting melalui penerapan prosedur yang efektif untuk memelihara aset.

Maximo Assist memberikan solusi berbasis AI yang membantu meningkatkan produktivitas teknisi lapangan. Sistem memberikan panduan tentang rekomendasi yang tepat, prosedur perbaikan, dan alat pemecahan masalah untuk memungkinkan teknisi bekerja lebih efisien saat berinteraksi dengan pakar dari jarak jauh atau rekan untuk mendapatkan bantuan dengan menggunakan teknologi pemantauan video secara real time melalui AR

Dengan Maximo Assist, perusahaan dapat mengubah operasi lapangan mereka dengan memanfaatkan kemampuan berikut:

  • Aplikasi baru Maximo Mobile dapat membantu teknisi memperbaiki masalah di lapangan. Kemampuan AR dari platform ini diluncurkan dengan tampilan yang memudahkan teknisi mana pun untuk menjelajahi opsi yang ada, menemukan apa yang mereka butuhkan, dan terhubung dengan cepat ke spesialis yang memiliki segala macam atau pengalaman yang diperlukan saat menangani pekerjaan perbaikan kompleks di lokasi.
  • AI dapat menjadi alat yang ampuh bagi teknisi, karena dapat menelusuri data yang terstruktur maupun tidak terstruktur untuk merekomendasikan tindakan.
  • Maximo Assist tidak hanya menyimpan riwayat, tetapi juga melampirkannya ke perintah kerja untuk meningkatkan pelacakan dan pencarian AI saat terjadi insiden lagi. Ini membantu perusahaan mempertahankan pengetahuan spesialis mereka yang berharga sambil meningkatkan pengelolaan informasi tersebut melalui platform Maximo.

– Maximo Safety

Maximo Safety menggunakan data untuk membantu meningkatkan keselamatan di tempat kerja, mendorong kepatuhan terhadap kebijakan, dan melindungi pekerja dari risiko. Teknologi IoT yang dikombinasikan dengan analitik canggih memungkinkan perusahaan mengotomatisasi proses tersebut.

Maximo Safety dirancang untuk membantu pengguna menetapkan dan memahami standar sehingga penyimpangan dari standar dapat dideteksi, memungkinkan penggunaan data digital yang lebih besar. Pengembangan yang dipercepat ini juga akan memungkinkan program proaktif serta inisiatif keselamatan yang dipersonalisasi untuk melindungi pekerja di tempat kerja atau di rumah.

Dengan Maximo Safety, perusahaan dapat memanfaatkan kemampuan berikut:

  • Maximo Safety memberikan dukungan untuk membuat, memantau, dan menegakkan fungsi analitik yang relevan dengan bisnis.
  • Dasbor analitik memberi pengguna informasi tentang bahaya bagi pekerja. Peta situs dapat diunggah untuk menempatkan data lokasi yang sedang dalam bahaya, dan juga memberikan gambaran umum tentang hot spot untuk bahaya serta jenis bahaya apa yang terdeteksi di lokasi tersebut, ini memungkinkan pengguna menyesuaikan parameter pada perisai jika perlu atau menentukan tindakan pengguna sehingga mereka diinformasikan setiap langkah di sepanjang jalan.
  • REST API digunakan oleh Maximo Safety untuk memungkinkan pengguna mengetahui hubungan yang ada antara perangkat.  Dengan menggunakan API, pemrogram dapat membuat pengguna baru, menghasilkan data peristiwa, membuat serta mendaftarkan perisai baru, dan mengambil data peristiwa.
  • Maximo Safety’s event action engine menyediakan kerangka kerja untuk menyesuaikan dan menyesuaikan berbagai tindakan yang dapat diambil berdasarkan interaksi pengguna.
  • Maximo Safety telah mengembangkan platform IoT yang dapat diintegrasikan dengan cepat ke berbagai perangkat. Data dikumpulkan dari berbagai sumber ini, dinormalisasi dan dipublikasikan untuk digunakan oleh Maximo safety meningkatkan analitik atau perlindungan proaktif terhadap potensi ancaman
Kenapa Harus NPP?

PT Niagaprima Paramitra berdiri sejak tahun 1998 dan pastinya sudah memiliki portofolio atau pengalaman implementasi di dalam industri IT selama hampir 24 tahun. NPP didukung oleh sumber daya manusia yang sangat berkompeten di dalam bidangnya serta didukung dengan program sertifikasi yang dimiliki oleh masing – masing konsultan sehingga NPP dapat memberikan solusi yang terbaik dan tepat untuk customer.

Solusi Asset Management yang dimiliki oleh NPP  dapat membantu customer dalam pengelolaan dan kontrol terhadap aset perusahaan, sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan serta kemudahan dalam mengelola dan kontrol aset di mana saja dan kapan saja. NPP akan membantu dan memberikan konsultasi bagi customer untuk menciptakan solusi yang terbaik dan tepat dengan kebutuhan customer dengan menghubungi:

Email: contact@npp-asia.com

Phone: (+62) 21 2788 3570

Resource
Penulis

Penulis :

Deni D. Widiyanto

Application Consultant – PT Niagaprima Paramitra

WhatsApp chat