skip to Main Content
021 2788 3570 contact@npp-asia.com

IFRS 17 : Standar Terbaru Akuntansi Untuk Perusahaan Asuransi

IFRS 17 : Standar Terbaru Akuntansi  Untuk Perusahaan Asuransi

Pendahuluan

Kebijakan akuntansi yang tidak seragam secara internasional, sering menyebabkan investor atau analis tidak dapat menggunakan laporan keuangan sebagai alat analisis untuk membandingkan kinerja satu perusahaan asuransi dengan yang lainnya di lintas negara. Untuk itu perusahaan di dunia menggunakan sebuah standard laporan keuangan yang bisa digunakan secara internasional yaitu IFRS 4. 

IFRS 4 sejak 2005 telah menjadi standar yang digunakan oleh perusahaan asuransi-asuransi di dunia sebagai framework laporan keuangan. Namun IFRS 4 dianggap belum menyediakan informasi yang transparan sehingga terbitlah IFRS 17. International Financing Accounting Standard 17 atau biasa disingkat IFRS17 disahkan oleh IASB (International Accounting Standard Board) untuk mengganti IFRS4 yang digunakan perusahaan-perusahaan asuransi di dunia. 

IFRS17 adalah standar internasional pertama yang ada untuk akuntansi kontrak asuransi. Salah satu perubahan paling mendasar di IFRS17 ini adalah pengakuan laba dimana saat ini ditentukan oleh penghitungan liabilitas/cadangan menjadi perhitungan langsung keuntungan/kerugian dari deviasi dan biaya aktualnya.

Apa itu IFRS ?

International Financial Reporting Standards (IFRS) adalah seperangkat standar akuntansi yang dikembangkan oleh International Accounting Standards Board (IASB) yang menjadi standar global untuk penyusunan laporan keuangan perusahaan publik. 

IFRS didirikan untuk menciptakan bahasa akuntansi yang umum, sehingga bisnis dan laporan keuangannya dapat konsisten dari perusahaan ke perusahaan, atau negara ke negara. 

Manfaat IFRS17

Penerapan IFRS 17 ini akan berdampak pada hampir semua operasi bisnis asuransi, mulai dari akuntansi, IT sampai manajemen SDM. Dimana IFRS 17 mengharuskan semua data di perusahaan harus dicatat secara sistematis. Hal itu akan membantu perusahaan dalam membangun sistem data yang akurat, dimana akurasi data tersebut akan berdampak pada naiknya kualitas laporan keuangan setiap perusahaan asuransi. Tentunya manfaat tersebut akan sangat terasa dalam jangka panjang dan sangat membantu transformasi manajemen data di  perusahaan asuransi sehingga memiliki informasi yang lebih detail, akurat, serta mulai menggantikan proses-proses manual.

Bagaimana NPP Mendeliver Solusi Ini

Solusi-solusi data analytic dan solusi financial management yang dimiliki NPP dapat membantu customer dalam pengelolaan reporting serta database agar customer dapat menyesuaikan laporan-laporan keuangan serta database yang dibutuhkan dengan aturan IFRS 17. Serta untuk mendukung customer dalam mencapai compliance dengan IFRS 17, NPP dapat membantu dan memberikan konsultasi serta solusi terbaik yang berstandar internasional dengan teknisi yang sudah berpengalaman dan bersertifikasi dengan menghubungi Email Contact@npp-asia.com atau Phone (+62) 21 2788 3570

Penulis : 

Samuel Simanungkalit

Solution Architecture PT Niagaprima Paramitra

 

References: 

  1. https://www.padmaaktuaria.com/en/ifrs-17-decoded/
  2. https://www.akseleran.co.id/blog/mengenal-ifrs-17-standar-pelaporan-keuangan-internasional/#:~:text=International%20Financial%20Reporting%20Standards%20(IFRS,penyusunan%20laporan%20keuangan%20perusahaan%20publik
WhatsApp chat