skip to Main Content
021 2788 3570 contact@npp-asia.com

Implementasi Platform Metadata Management pada salah satu Bank BUMN.

Implementasi Platform Metadata Management Pada Salah Satu Bank BUMN.

Implementasi Platform Metadata Management pada salah satu Bank BUMN.

Pada tahun 2021, Team Data Management mendapatkan project implementasi Metadata Management untuk membantu salah satu Bank BUMN di Indonesia yang pada saat itu memiliki kendala terkait pengelolaan data untuk menjawab kebutuhan bisnis yang terus berevolusi. Kendala yang dihadapi oleh perusahaan tersebut adalah terkait penyediaan sumber data yang valid dan berkualitas, karena seringkali terjadi perbedaan informasi saat data yang sama disajikan.

Hal ini terjadi karena masih minimnya dokumentasi dari data yang dimiliki client team data management. Selain itu, dikarenakan tidak tersedianya dokumentasi terhadap data yang tersedia, maka informasi yang ingin diperoleh dari sebuah data sangat bergantung kepada pihak awal penyedia data. Kemudian pengelolaan data yang tidak tepat juga menyebabkan kendala saat data diintegrasikan dengan data lain, serta ketika mengolah data dan menganalisa data tersebut untuk mendukung manajemen informasi pada lingkungan kerja.

Client dari team data management tersebut membutuhkan penyediaan tools yang dapat memudahkan perusahaan dalam hal manajemen data. Dimana pada kesempatan tersebut  Niagaprima Paramitra (NPP) dipercaya untuk mengemban tanggung jawab sebagai konsultan di dalam proyek terkait, dan team data management dari NPP bertugas untuk melakukan implementasi Metadata Management sesuai dengan environment data  dan best practice yang ditawarkan dari platform i.

Berikut adalah tahapan – tahapan yang kami lakukan dalam implementasi platform metadata management:

  1. Menyediakan lisensi Platform Metadata Management sesuai kebutuhan client untuk diimplementasikan di dalam lingkungan data perusahaan.
  2. Menyediakan jasa implementasi terhadap Platform Metadata Management.
  3. Mengimplementasikan:
    1. Scan database sekurang-kurangnya pada environment SQL Server, Postgre SQL, MDM, dan Hadoop.
    2. Menyajikan metadata management end to end dari proses bisnis BPR (Business Performance Review) perusahaan.
  4. Mendokumentasikan seluruh proses implementasi dalam bentuk dokumen yang diperlukan sesuai standar perusahaan.
Gambar Platform yang digunakan untuk kebutuhan client

Gambar 1 diatas merupakan platform yang diimplementasikan di perusahaan client. 

Kami menerapkan platform Informatica sebagai solusi untuk kendala yang dihadapi oleh perusahaan client sesuai dengan kendala yang dihadapi yaitu terkait kendala manajemen data. Untuk implementasi solusi platform Informatica Metadata Management ini kami pilih untuk menerapkan 3 tools, yaitu:

  1. Enterprise Data Catalog (EDC) yang merupakan tools untuk memudahkan user melakukan scanning terhadap metadata yang ada pada database, dimana kemudian metadata tersebut akan disimpan pada catalog sehingga user mudah untuk mengakses metadata yang dibutuhkan, mengetahui secara lineage end to end dari mana asal terbentuknya atau sumber metadata tersebut. 
  2. Informatica Analyst merupakan tools yang akan membantu perusahaan client mengetahui kualitas data yang mereka miliki dan dapat melakukan monitoring terhadap data yang mereka miliki.
  3. Axon Data Governance merupakan tools yang dapat memudahkan user bisnis atau manajemen perusahaan memahami data dalam bentuk glossary bisnis dan dashboard yang disediakan oleh platform informatica yang sudah diimplementasikan.
noIstilahPenjelasan
1Data StewardData steward mengelola aset data atas dasar perhatian utama dalam suatu organisasi. Pengurus data ditugaskan untuk merepresentasikan minat data yang diperlukan oleh seluruh stakeholder, mencakup dan tidak terbatas fungsi khusus divisi atau departemen. Pengurus data harus mendapatkan perspektif enterprise untuk memastikan efektivitas dan kualitas penggunaan data.
2Metadata ManagementMetadata management adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau setidaknya menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan, atau dikelola. Metadata ini mengandung informasi mengenai isi dari suatu data yang dipakai untuk keperluan manajemen file/data dalam suatu basis data. Jika data tersebut dalam bentuk teks, meta data biasanya berupa keterangan mengenai nama ruas (field), panjang field, dan tipe field-nya: integer, character, date, dll
3Data ProfilingData profiling merupakan pengolahan, analisis, dan menarik simpulan dari data yang tersedia untuk memperoleh informasi yang bermanfaat bagi pihak yang memproses data tersebut
4Data QualityData Quality merupakan bagian dari Data Governance yang memastikan bahwa data perusahaan dengan mudah diproses dan dianalisis untuk keperluan pengguna lain. Mengelola kualitas data seperti kelengkapan, kesesuaian, konsistensi, akurasi dan integritas, membantu tata kelola data.

Setelah dilakukan implementasi dan pemenuhan kebutuhan client, yang dihasilkan adalah:

  1. Informatica Data Governance – Axon telah memudahkan client dalam melakukan pencatatan terkait bisnis metadata. Salah satunya adalah mencatat business glossary dan business rules terhadap pembentukan proses BPR (Business Performance Review). Business metadata yang ada pada AXON didapatkan juga dari proses auto onboarding metadata yang ada pada EDC hasil proses scanning Database ke AXON. Proses onboarding atau proses untuk meng-copy metadata dari EDC ke AXON dilakukan secara otomatis. Sehingga user bisnis dapat dengan mudah mendapatkan informasi terkait metadata yang mereka inginkan seperti business glossary, attribute, business term, melakukan permintaan atau perubahan pada metadata dan fitur lainnya hanya dengan mengakses platform Informatica Axon Data Governance.  
  2. Dengan menggunakan Enterprise Data Catalog client kini dengan mudah:
    1. Melakukan scanning pada resource yang diinginkan untuk mendapatkan/mengumpulkan metadata.
    2. Menyimpan metadata dari sebuah object/asset pada sebuah resource dan

      menghubungkannya dengan business glossary yang ada di AXON.
    3. Memudahkan user technical dan user business untuk saling terhubung atauberkolaborasi.
    4. Dari hasil scanning juga client tidak hanya mendapatkan metadata tapi dengan profiling atau informasi data yang ada pada object table seperti data null, distinct data, pattern data, range data dan lainnya.
    5. Terbentuknya Lineage & Impact Analysis dimana client dapat menelusuri bagaimana sebuah object dibentuk dari sebuah proses dan client sudah bisa mengetahui dari mana sumber data tersebut dengan detail.

Dengan solusi ini, team data management NPP telah membantu perusahaan client terkait kendala yang mereka hadapi sebelumnya dengan memberikan konsultasi, solusi, implementasi produk, sharing knowledge dan maintenance hingga 3 tahun kedepan. 

Untuk mengetahui lebih detail terkait produk informatica atau berdiskusi lebih jauh mengenai produk tersebut, dapat menghubungi:

Email: contact@npp-asia.com

Phone: +6221 2788 3570

 

Source:

https://knowledge.informatica.com/ (Informatica, n.d.)

https://docs.informatica.com/

 

Penulis :

Eka Fuji Astuti

Data Management Consultant – PT Niaga Prima Paramitra

 

WhatsApp chat