skip to Main Content
021 2788 3570 contact@npp-asia.com

Kenapa Robotic Process Automation (RPA) dibutuhkan oleh Perusahaan?

Kenapa Robotic Process Automation (RPA) Dibutuhkan Oleh Perusahaan?

Robotic Process Automation atau yang biasa disebut RPA adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk meng-otomatisasi proses pekerjaan yang dilakukan berdasarkan aturan atau rules-based, yang melibatkan data digital, yang rentan terjadi error, serta proses yang memakan waktu dan berulang.

Saat ini ada banyak sekali perusahaan RPA yang bersaing dengan kelebihannya masing-masing, salah satunya adalah Automation Anywhere yang merupakan salah satu leader di dalam RPA berdasarkan Gartner Magic Quadrant. Automation Anywhere memiliki User Interface yang sangat mudah untuk dipahami sehingga bagi orang yang tidak mengerti pengkodean (coding) sekalipun akan bisa menggunakannya. Kita dapat membuat workflow otomasi dengan menggunakan fitur drag and drop yang sudah disediakan.

Berikut keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan RPA:

  • Reduce cost: Dengan mengotomasi tugas-tugas rutin karyawan, RPA akan mencapai penghematan operasional mencapai 30% di atas output produktivitas yang dihasilkan
  • Better customer experiences: Dengan mengimplementasikan RPA akan memberikan manfaat nyata bagi sumber daya perusahaan untuk tetap fokus pada kepuasan pelanggan.
  • Lower operational risk: RPA akan membantu perusahaan untuk menurunkan risiko human error yang terjadi karena kurangnya pengetahuan dalam mengoperasikan sistem.
  • Improved internal processes: RPA akan membantu perusahaan untuk meningkatkan proses pelaporan, onboarding employee dan kegiatan internal menjadi lebih cepat dengan kemampuan robot yaitu Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML).

Untuk penerapannya, RPA dapat diterapkan di perusahaan dalam berbagai bidang seperti jasa keuangan, bank, dan asuransi. Selain itu, dapat juga diimplementasikan di pemerintahan, layanan kesehatan, transportasi, logistik, energi, dan juga telekomunikasi.

Salah satu contoh use case yang kita pakai disini adalah dalam kasus account payable. Dimana kita memasukkan data transaksi satu invoice secara manual. Misal dalam industri manufacturing atau perusahaan besar lainnya, pasti terdapat ratusan bahkan mungkin sampai ribuan invoice yang memakan waktu dan memiliki potensi human error yang tinggi. Nah disinilah peran RPA dibutuhkan, RPA dapat kita atur sedemikian rupa untuk melakukan pekerjaan yang tadinya kita lakukan secara manual yaitu memasukkan data baik berdasarkan jumlah uang, nama, transaksi dan sebagainya. RPA dapat memasukkan data-data tersebut secara akurat dan cepat.

Nah dari use case diatas, kenapa RPA dibutuhkan oleh perusahaan? Maka jawabannya adalah dengan interaksi yang erat antara manusia dan robot, RPA dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam perusahaan sehingga sangat menguntungkan bagi perusahaan Anda.

RPA saat ini memiliki peran yang sangat penting dimana RPA dapat membantu menyelesaikan pekerjaan berulang secara terus menerus dengan akurasi yang tinggi sehingga dapat mengurangi terjadinya human error.

Kami dari PT. Niagaprima Paramitra yang merupakan perusahaan IT solutions, dan juga sebagai authorized partner untuk RPA Anywhere. Dengan solusi RPA ini perusahaan Anda dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan karyawan akan memiliki waktu lebih untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih penting.

Nama Penulis :

Muhammad Juwanda
Application Consultant – PT Niagaprima Paramitra

Sumber :

https://unida.ac.id/teknologi/artikel/robotic-process-automation-rpa-bukti-teknologi-masa-depan.html

https://www.netmarks.co.id/post/efisiensi-dengan-menggunakan-rpa

WhatsApp chat