skip to Main Content
021 2788 3570 contact@npp-asia.com

Machine Learning sebagai Solusi Strategis Meningkatkan Bisnis di Era Digital

Machine Learning Sebagai Solusi Strategis Meningkatkan Bisnis Di Era Digital

Di tengah banyaknya perusahaan-perusahaan di dunia bisnis saat ini, persaingan menjadi lebih kompetitif. Hal ini tentunya mendorong kita berpikir tentang bagaimana agar bisnis kita bisa tetap eksis dan bersaing di luar sana. Berbagai macam strategi bisnis dilakukan dengan melibatkan teknologi yang ada saat ini. Salah satu tools yang digunakan untuk mendukung hal tersebut adalah machine learning. Banyak sekali perusahaan maupun sektor lainnya yang melibatkan penggunaan data science dan mengimplementasikan machine learning untuk kebutuhan strategi bisnis mereka.

Machine learning sendiri adalah salah satu cabang dari Artificial Intelligence atau dikenal dengan AI. Machine learning merupakan teknik analisis data menggunakan algoritma dan model statistik dengan tujuan memberi computer/machine kemampuan untuk belajar, mengidentifikasi pola, dan membantu membuat keputusan secara mandiri, sehingga dapat meminimalkan intervensi manusia dan mengotomatisasi tugas yang dilakukan.

Proses Kerja Machine Learning

Berbicara mengenai machine learning, tentunya tidak terlepas dari data. Sehingga sangat penting untuk mengumpulkan data yang reliable. Kualitas data yang dimasukkan ke computer/machine akan menentukan seberapa akurat model yang terbentuk. Data yang baik adalah data yang relevan, mengandung sangat sedikit nilai yang hilang dan berulang, dan memiliki representasi yang baik dari berbagai sub kategori/kelas yang ada. 

Secara umum machine learning dapat dikatakan efektif ketika dapat memberikan sebuah prediksi akurat sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Hal ini tentu menjadi sangat menarik ketika suatu perusahaan dapat melihat peluang di depan dan dapat mengeksekusi peluang tersebut dengan cepat. Dalam hal ini kecepatan dan ketepatan di dalam pengambilan keputusan akan menjadikan bisnis kita menjadi yang terdepan bahkan dapat mengalahkan kompetitor yang ada saat ini. 

Contoh penerapan machine learning yang paling umum untuk bisnis adalah chatbots. Perusahaan yang menerapkan chatbots bertujuan untuk menjawab pertanyaan customer sepanjang waktu tanpa menambah jumlah karyawan. Hal ini tentunya akan memangkas operational cost perusahaan. Selain itu, penerapan machine learning juga telah merambah ke dunia bisnis ritel online untuk merekomendasikan produk yang kemungkinan akan diminati pelanggan (customer behaviour modelling). Dengan menggunakan data yang dikumpulkan tentang kebiasaan customer, perusahaan dapat mengelompokkan apa yang mungkin ingin dilihat oleh customer dengan perilaku penelusuran serupa. 

Contoh lain penerapan pada bidang perbankan, machine learning dapat digunakan untuk mempelajari bagaimana riwayat calon customer dan juga dapat digunakan untuk mendeteksi fraud transaction dari customer.

Machine learning sendiri memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah:

  1. Continuous Improvement
    Saat algoritma machine learning mendapatkan pengalaman melalui data yang ada, mereka terus meningkatkan akurasi dan efisiensi yang memungkinkan machine learning membuat keputusan yang lebih baik. Keakuratan dalam membuat keputusan akan meningkat dengan tersedianya sejumlah besar data pelatihan bagi computer/machine.
  2. Automation
    Keunggulan machine learning adalah kemampuannya untuk mengotomatisasi berbagai tugas pengambilan keputusan. Machine memiliki kemampuan untuk belajar yang memungkinkan membuat prediksi dan juga meningkatkan algoritma dengan sendirinya. Ini memberikan banyak waktu bagi developer untuk lebih produktif. Karena dengan machine learning, developer tidak perlu mengawasi setiap stepnya.
  3. Mudah mengidentifikasi tren dan pola
    Keunggulan ini tidak perlu diragukan lagi. Kita semua yang tertarik dengan teknologi machine learning sangat menyadari bagaimana berbagai algoritma machine learning dapat digunakan untuk berbagai masalah klasifikasi dan regresi. Machine learning dapat mereview volume data yang besar dan menemukan tren dan pola tertentu yang tidak akan terlihat oleh manusia.
  4. Pengaplikasian yang luas
    Machine learning sudah digunakan di berbagai bidang industri akhir-akhir ini. Perusahaan dapat menghasilkan keuntungan, memangkas biaya, mengotomatisasi, melakukan prediksi, menganalisis tren dan pola dari data masa lalu, dan banyak lagi. Aplikasi seperti GPS Tracking untuk lalu lintas, pemfilteran spam Email, text prediction, dll. juga sudah digunakan secara luas.

Dengan demikian, menjadikan machine learning sebagai tools dapat membantu bisnis untuk mendapatkan insight dari data dan membantu menyelesaikan permasalahan kompleks dalam bisnis. Selain itu machine learning juga dapat membantu perusahaan mengurangi tugas-tugas yang sebelumnya dikerjakan secara manual dalam hal pengolahan data, sehingga lebih meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja karyawan di perusahaan tersebut. Hal tersebut tentunya juga akan mendukung perusahaan untuk melakukan perubahan secara berkelanjutan ke arah yang lebih baik.  

NPP sebagai salah satu perusahaan IT solution yang berpengalaman dan memiliki resource yang kompeten, dapat membantu dan memberikan konsultasi serta solusi terbaik atas kebutuhan customer yang akan mengembangkan strategi bisnis menggunakan machine learning. Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi contact@npp-asia.com

Referensi:

  1. https://www.digination.id/amp/read/017510/machine-learning-solusi-strategis-tingkatkan-bisnis-di-era-digital
  2. https://www.digination.id/amp/read/017305/keunggulan-machine-learning-data-science-untuk-meningkatkan-performa-bisnis
  3. https://www.verdict.co.uk/machine-learning-for-business/
  4. http://ivyproschool.com/blog/advantages-and-disadvantages-of-machine-learning-in-2020/#:~:text=Machine%20Learning%20algorithms%20are%20capable,of%20new%20data%20every%20day.
  5. https://data-flair.training/blogs/advantages-and-disadvantages-of-machine-learning/
  6. https://www.sap.com/insights/what-is-machine-learning.html
  7. https://pacmann.io/blog/mengembangkan-machine-learning-untuk-bisnis

Penulis :

Yohani Devi Sumantari

Data Visualization Consultant – PT Niaga Prima Paramitra

WhatsApp chat