skip to Main Content
021 2788 3570 contact@npp-asia.com

Netpath as additional tools from Solarwinds

Netpath As Additional Tools From Solarwinds

Seringkali tim IT sebuah perusahaan yang melayani End User, mendapat pertanyaan mengapa ketika mengakses suatu website untuk surfing di internet dirasa lambat atau bahkan gagal untuk mengakses website tersebut. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai hal ini, perlu diketahui bahwa sebenarnya saat kita berada di internet, informasi atau permintaan yang dikirim dari komputer kita menuju komputer lainnya tidak terjadi begitu saja.  Ada sejumlah perangkat  yang membentuk koneksi tertentu yang berfungsi untuk menerima dan mengirimkan informasi. Permasalahan lambatnya dalam mengakses suatu website itu sendiri, salah satunya dipengaruhi oleh banyaknya perangkat jaringan yang dilalui komputer kita saat menuju komputer tujuan.

Seiring waktu dan kebutuhan untuk mengakses sebuah website dengan cepat,  Solarwinds mengembangkan sebuah tools yang bisa memberikan informasi jalur yang dilewati pada saat kita mengakses sebuah website yang dinamakan Netpath. Dengan Netpath kita bisa mendapatkan informasi tentang perangkat apa saja yang kita lalui untuk sampai ke website tujuan. Selain itu netpath juga memberikan informasi berapa lama latency (waktu yang dibutuhkan dari komputer kita menuju website tujuan tersebut). 

Agar lebih memberikan gambaran, berikut ini adalah contoh dari jalur yang harus dilalui (diambil dari hasil pengecekan dengan Netpath) dari komputer kita saat mengakses website www.office365.com.

Netpath as additional tools from Solarwinds

Capture dari Netpath Solarwinds untuk website www.office365.com

Pada gambar di atas, dapat dilihat bahwa ketika  user mengakses www.office365.com, ada tiga jalur yang harus dilalui user untuk mencapai server Office 365:

  • Jalur yang pertama adalah jalur langsung ke domain Office 365 (1 path) dengan latency 1ms.
  • Jalur yang kedua adalah jalur yang melewati perangkat SWC dan SWC CORE DC 01 (3 path) dengan latency 3ms.
  • Jalur yang ketiga adalah jalur yang hanya melewati perangkat SWC saja (2 path) dengan latency 2ms.

Dengan menggunakan Netpath kita juga bisa melihat jalur distribusi dan menganalisanya. Selain mudah digunakan dan bisa secara otomatis membuat peta dari end user sampai ke tujuan, tools ini juga bisa membuat peta bagaimana aplikasi dikirimkan ke website tujuan anda. 

Selain itu, Netpath dapat dengan cepat mengidentifikasi masalah jaringan, menemukan jalur menuju website atau pengguna yang sedang down, dan memberikan informasi seberapa baik jaringan yang dilewati. Tidak hanya itu, NetPath tidak hanya menemukan lalu lintas jalur jaringan yang dilewati, namun juga mengkalkulasikan setiap link dan kinerja node. NetPath bahkan akan mengisolasi node yang bertanggung jawab atas kinerja suboptimal.

 

Penulis :

Marthin Amellyardo

Technical Consultant PT Niagaprima Paramitra

References

CANDRA. (2012, 10 23). Home. Retrieved from Candra Web: https://www.candra.web.id/kupas-tuntas-perintah-tracert/

Solarwinds. (2022, 07 12). Home. Retrieved from Web Solarwinds: https://www.solarwinds.com/

THWACK. (2022, 07 12). Home. Retrieved from THWACK SOLARWINDS: https://thwack.solarwinds.com/

 

WhatsApp chat