skip to Main Content
021 2788 3570 contact@npp-asia.com

Penerapan Solusi Cyber Security – Next Generation Firewall  

Penerapan Solusi Cyber Security – Next Generation Firewall  

Penerapan Solusi Cyber Security – Next Generation Firewall  

 

Latar Belakang

Customer kami adalah perusahaan produsen parfum, kosmetik, & network ritel yang memiliki lebih dari 30 cabang di Indonesia. Customer mengalami kesulitan dalam mengamankan network infrastruktur TI . Berikut ini kendala yang dihadapi oleh customer kami tersebut:

  • Customer mengalami serangan virus dan malware pada aplikasi operasional sehingga tidak bisa di akses.
  • Customer harus mengubah konfigurasi koneksi Internet Service Provider (ISP) cadangan secara manual ketika ISP utama mengalami gangguan.
  • Terbatasnya jumlah user Virtual Private Network (VPN) (maximal 100 user) untuk memenuhi kebutuhan koneksi dari kantor cabang ke kantor pusat yang mencapai 200 user.
  • Belum ada policy untuk mengatur pembatasan akses media sosial di jam kerja karena karyawan banyak mengakses website yang tidak berkaitan dengan pekerjaan yang akan mengganggu performance & utilisasi network TI di perusahaan. 

 

Solusi Kami

NPP sebagai perusahaan IT solution provider membantu menerapkan solusi Fortigate Next Generation Firewall (NGFW) dari Fortinet untuk menjawab kebutuhan customer kami tersebut. Setelah menggunakan Fortigate Next Generation Firewall, customer mendapatkan solusi dari permasalahan yang dihadapi sekaligus juga mendapatkan beberapa manfaat seperti : 

  • Perlindungan network di level gateway yang mengamankan  data traffic  dari internet ke network internal customer dan sebaliknya. 
  • Redundansi koneksi internet terjamin pelayanannya karena fortigate bisa mengaktifkan beberapa koneksi internet secara bersama – sama. Fortigate juga memiliki fitur untuk mendeteksi koneksi internet yang aktif dan yang tidak aktif, ketika salah satu koneksi internet tidak aktif, fortigate akan mengalihkan rute internet ke koneksi internet yang aktif (failover).
  • Bertambahnya kapasitas user yang bisa menggunakan koneksi VPN dari kantor cabang ke kantor pusat untuk mengakses aplikasi bisnis perusahaan sehingga terpenuhi kebutuhan akses 200 user VPN.
  • Pembatasan  karyawan ke media sosial sudah dibatasi dengan memanfaatkan fitur application control.

 

Kesimpulan

Penerapan solusi cyber security untuk melindungi network TI menggunakan NGFW, merupakan kebutuhan mendasar yang wajib dipenuhi oleh perusahan di era digital saat ini.  Dengan fitur – fitur security yang ada pada NGFW (Anti Virus Gateway, Intrusion Prevention System, ISP failover, Application Control, dll) customer dapat memastikan keamanan network, aplikasi dan data dari berbagai macam cyber attack.

 

NPP sebagai IT solution provider yang berpengalaman, siap membantu anda untuk melindungi network , data penting  dan  aplikasi perusahaan  dengan menerapkan praktik cyber security.

 

Penulis :

Agus Firmanullah – NPP Solution Architect

WhatsApp chat