skip to Main Content
021 2788 3570 contact@npp-asia.com

SAP S/4HANA Cloud – Group Reporting Overview

SAP S/4HANA Cloud – Group Reporting Overview

1. SAP S/4HANA Cloud Introduction

SAP S/4HANA Cloud adalah sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang lengkap, yang didalamnya sudah terdapat fitur-fitur AI, machine learning, dan advance analytics. Ini akan membantu perusahaan untuk mengelola proses bisnis dengan cepat, mengatur sumber daya internal dan eksternal secara tepat, dengan dibantu menggunakan fitur kekuatan AI yang tersedia. 

Salah satu modul SAP S/4HANA Cloud adalah modul Finance, yang didalamnya terdapat sub module Group Reporting – Financial Consolidation. Sub-module Group Reporting – Financial Consolidation ini ditujukan untuk membantu persiapan, proses dan pelaporan laporan keuangan konsolidasi untuk para grup perusahaan. 

Artikel ini akan membahas overview singkat terkait Group Reporting – Financial Consolidation, yang akan dimulai dengan pengenalan dari evolusi aplikasi SAP, pengenalan Group Reporting – Financial Consolidation dan manfaat-manfaat yang didapat bila menggunakan sub-module ini.

2. Evolution of Consolidation with SAP Solutions 

Solusi SAP untuk membantu kegiatan laporan keuangan konsolidasi sudah dimulai sejak SAP merilis SAP R/3 di tahun 1992. Seiring berjalannya teknologi yang terus berkembang, dan SAP secara konsisten terus mengikuti perkembangan teknologi yang ada, maka untuk mengikuti perkembangan teknologi terkini, pada tahun 2018 SAP merilis S/4 HANA Finance for Group Reporting.

3. Group Reporting with SAP S/4HANA Cloud

3.1 Financial Consolidation Introduction 

Salah satu langkah paling penting bagi perusahaan manapun adalah menutup pembukuan keuangannya. Sebagai bagian dari proses keuangan ini, perusahaan dengan banyak unit bisnis, group company akan menggabungkan data keuangan dari beberapa unit bisnis dalam satu kesatuan untuk melaporkan semua unit bisnis secara bersamaan. Proses ini biasa disebut sebagai konsolidasi keuangan. Bagi perusahaan terbuka, diharuskan untuk melaporkan laporan keuangan konsolidasi secara reguler ke regulator, Bursa Efek Indonesia. Dalam proses penyiapan laporan keuangan konsolidasi, terdapat beberapa transaksi/akun yang perlu dieliminasi sesuai dengan standar keuangan yang berlaku.

Adapun laporan keuangan konsolidasi yang perlu dipersiapkan dan dilaporkan ke Bursa Efek Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Laporan Neraca Keuangan.
  2. Laporan Laba dan Rugi.
  3. Laporan Perubahan Ekuitas.
  4. Laporan Arus Kas.
  5. Catatan Atas Laporan Keuangan.

Untuk membantu mempercepat dan menghasilkan laporan yang akurat, maka SAP merilis S/4 HANA Finance for Group Reporting, system ini akan membantu mengotomatisasi beberapa proses standar laporan keuangan konsolidasi, adapun beberapa proses yang akan diotomatisasi oleh sistem ini akan dijelaskan secara singkat pada poin berikutnya.

3.2 Group Reporting with SAP S/4HANA Cloud Overview

SAP S/4HANA Cloud  merupakan the next-generation consolidation solution yang terintegrasi dengan modul-modul lainnya di dalam platform SAP S/4HANA, yang menawarkan unified  solution untuk accounting, planning, dan reporting. 

Group Reporting merupakan platform yang dapat mengkonsolidasikan data secara realtime ataupun near real time. Proses konsolidasi menjadi mudah dan cepat dikarenakan sudah terintegrasi langsung dengan data Trial Balance yang sudah ada pada modul Finance dan membantu pengguna dalam hal otomatisasi beberapa proses bisnis konsolidasi seperti currency translation, intercompany elimination, dan investment consolidation, juga terdapat fitur what-if-scenario yang dapat memberikan insight lebih ke pengguna.

Bila dirangkum berikut beberapa fitur dan keuntungan dari SAP S/4HANA Finance for Group Reporting.

Berikut perbedaan solusi Financial Consolidation yang lain bila dibandingkan dengan SAP S/4 HANA Group Reporting. Pendekatan SAP S/4 HANA Group Reporting adalah Continuous Accounting, dimana dengan pendekatan ini, data-data pada tingkat operasional sudah langsung terintegrasi dengan SAP S/4 HANA Group Reporting, sehingga proses standard konsolidasi seperti upload data, eliminasi intercompany dan investment elimination dapat dilakukan dengan singkat.

Secara garis besar, proses bisnis konsolidasi di SAP S/4HANA Finance for Group Reporting adalah sebagai berikut: 

  1. Pengumpulan data diperoleh dari berbagai sumber, termasuk namun tidak terbatas hanya pada buku besar/General Ledger dari modul Finance, namun juga dapat berasal dari unggahan file datar.
  2. Saldo carry forward dari tahun fiskal sebelumnya. Akun-akun Balance Sheet, Retained Earning dibawa ke saldo awal tahun fiskal saat ini untuk semua akun neraca.
  3. Translasi mata uang mata uang lokal dikonversi ke satu atau lebih Group Currency sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku.
  4. Reklasifikasi laba ditahan semua aktivitas yang berdampak pada laporan laba rugi diselesaikan sehingga laba bersih dapat dihitung untuk grup perusahaan. Aktivitas ini menutup laporan laba rugi dengan mentransfer saldo ikhtisar laba rugi, laba bersih, ke akun laba ditahan.
  5. Penghapusan antar perusahaan.  Semua transaksi antar perusahaan harus dieliminasi di perusahaan tingkat induk untuk menghindari penghitungan ganda transaksi/double.
  6. Pencatatan jurnal pasca-eliminasi bila diperlukan (untuk transaksi-transaksi yang masih perlu di adjust lebih lanjut).
  7. Menghasilkan laporan laba dan rugi, laporan neraca, laporan perubahan ekuitas, dan laporan arus kas setiap bulan, ataupun laporan operasional spesifik lainnya bila diperlukan, misalnya, laporan laba dan rugi per segmen.
  8. Periode penguncian setelah proses konsolidasi keuangan selesai, sehingga tidak memungkinkan lagi untuk melakukan perubahan pada periode berjalan. Misalnya, jika anda baru saja menutup bulan Juni, periode 6, setelah dikunci, tidak ada entri lebih lanjut yang diizinkan untuk diposting untuk bulan Juni. Bila periode berjalan ingin di buka lagi karena adanya restated laporan keuangan, maka perlu menghubungi admin terlebih dahulu.

 

4. Why NPP?

Niagaprima Paramitra (NPP) sudah berdiri sejak tahun 1998 dengan demikian sudah memiliki pengalaman di Industri IT sebanyak lebih dari 20 tahun, dan NPP didukung dengan sumber daya yang kompeten di bidangnya dan konsultan-konsultan NPP sudah tersertifikasi sesuai dengan area aplikasi nya masing-masing.

Solusi untuk SAP S/4HANA Cloud – Group Reporting sendiri di NPP masuk ke dalam kategori aplikasi Enterprise Performance Management (EPM) dan berada di bawah divisi Business Application. Fokus dari divisi Business Application adalah menyediakan solusi-solusi aplikasi untuk area Financial Solution dan Asset & Service Management Solution

NPP sendiri sudah melakukan dan memiliki banyak pengalaman implementasi berbagai macam aplikasi EPM e.g.Infor CPM, Infor d/EPM, BOARD, Oracle FCCS, Oracle PBCS dan SAP S/4HANA Cloud – Group Reporting untuk berbagai macam customers dengan latar belakang Industri yang berbeda-beda. 

Dengan pengalaman dan expertise yang dimiliki oleh NPP, maka NPP merupakan partner implementasi yang tepat untuk implementasi aplikasi SAP S/4HANA Cloud – Group Reporting, karena dengan pengalaman dan expertise yang dimiliki oleh NPP maka dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk implementasi project EPM, SAP S/4HANA Cloud – Group Reporting dan mengurangi resiko-resiko project yang ada. 

Dengan diimplementasikannya SAP S/4HANA Cloud – Group Reporting pada sebuah perusahaan, maka pengguna dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk proses penyusunan laporan keuangan konsolidasi, sehingga users dapat mengalokasikan lebih banyak waktu untuk kegiatan analisa data-data yang ada, sehingga dengan lebih banyak waktu dialokasikan untuk kegiatan analisis data, diharapkan dapat memberikan insight-insight bagaimana kondisi operasional dan keuangan suatu perusahaan, sehingga perusahaan dapat menyusun strategi-strategi secara lebih tepat.

 

Penulis :

Irawan Prabowo Siregar

Application ConsultantPT Niagaprima Paramitra

WhatsApp chat