skip to Main Content
021 2788 3570 contact@npp-asia.com

SAP HANA Cloud – Solusi terbaik untuk sistem ERP

SAP HANA Cloud – Solusi Terbaik Untuk Sistem ERP

Sekilas tentang SAP Hana Cloud 

SAP Hana Cloud adalah perangkat lunak penyimpanan data dengan kinerja yang tinggi dan dapat diakses secara real time. Penggunaan SAP Hana Cloud membantu mengurangi redudansi dan inkonsistensi data, sehingga data yang masuk kedalam sistem Hana sesuai dengan data yang ada di lapangan. Selain itu, penggunaan SAP Hana Cloud dapat dibatasi sesuai dengan peran masing – masing user dan hal ini dapat diatur didalam aplikasi. Dan berikut ini merupakan penjelasan singkat penerapan dan manfaat SAP Hana Cloud pada modul yang tersedia di aplikasi:

 

Proses Manufacturing di SAP Hana Cloud 

Proses Manufacturing di SAP Hana Cloud
Manufacturing adalah proses pembuatan barang dalam skala besar dengan menggunakan mesin. Proses ini memastikan bahwa barang yang dihasilkan merupakan barang berkualitas dan produksi barang menggunakan biaya yang minimal. Berikut beberapa manfaat penerapan solusi SAP Hana Cloud untuk mengelola proses manufacturing:  

  • Peningkatan kualitas barang karena sumber daya yang dialokasikan untuk pengelolaan dan pemeliharaan akan lebih baik dibandingkan jika pengguna mengelola data secara manual.
  • Meningkatkan penampilan dalam pelaporan proses manufacturing dengan penampilan report lebih baik menggunakan dashboard, pie chart, bar, table, ataupun matrix.

 

Research and Development Engineering di SAP Hana Cloud 

Research and Development Engineering di SAP Hana Cloud 

Research and development Engineering adalah sebuah profesi untuk menguji, mengembangkan, menciptakan, dan merancang produk baru untuk masa yang akan datang. Berikut ini adalah keuntungan yang bisa didapatkan jika engineering menggunakan SAP Hana Cloud didalam proses research dan development

  • Engineer dapat mengelola dan menyimpan dokumen terkait dengan produk didalam sistem SAP Hana Cloud, sehingga dokumen rancangan produk tersimpan dengan baik di dalam sistem dan engineer dapat melakukan pencarian dokumen secara mudah didalam SAP Hana Cloud. 
  • Engineer dapat mengelola BOM (Bill of Material) atau pencatatan penggunaan material termasuk didalamnya jumlah barang yang digunakan, harga barang, dan kualitas barang. Pencatatan tersebut dapat ditambahkan, dikurangi sesuai dengan material yang dipakai untuk membuat barang. 
  • Melalui pengelolaan BOM dapat pula mengontrol anggaran produksi dan memastikan bahwa barang yang dihasilkan berkualitas.

Supply Chain di SAP Hana Cloud 

Supply Chain di SAP Hana Cloud 

Supply Chaindalam bahasa Indonesia sering disebut “rantai pasokan”. Secara singkat dapat diartikan supply chain merupakan suatu proses yang melibatkan individu, organisasi, sumber daya, kegiatan dan teknologi untuk membuat suatu barang yang dapat dikirimkan ke pelanggan. Pada proses ini melibatkan banyak hal mulai dari pengiriman barang original dari pemasok ke produsen, pembuatan barang oleh produsen, pengiriman barang jadi ke pemasok, dan terakhir pengiriman barang ke setiap pelanggan. Berikut beberapa manfaat dari penerapan supply chain menggunakan aplikasi SAP Hana Cloud:

  • Meningkatkan visibilitas proses pengiriman.
  • Secara efektif mengelola perencanaan dalam proses permintaan dan penawaran.
  • Mengoptimalkan inventaris, pemenuhan pesanan, dan pengiriman barang.
  • Meningkatkan komunikasi dan meningkatkan kolaborasi antar lini bisnis untuk mengelola proses supply and demand.
  • Meningkatkan efisiensi produksi dan mengurangi masalah kualitas produksi, sehingga menurunkan harga pokok penjualan.
  • Meningkatkan pengelolaan pencatatan kontrak. 
  • Mengurangi bea transportasi dan pajak,; dan meningkatkan potongan harga dan insentif.

Asset Management di SAP Hana Cloud

  Asset Management di SAP Hana Cloud

Asset Management adalah proses pengelolaan aset secara terus menerus, dan melalui proses ini perusahaan memastikan asset dapat dipakai secara berkesinambungan dan dapat memberikan keuntungan yang maksimal. Biasanya proses asset management meliputi pencatatan asset, pemeliharaan asset secara berkala yang sering disebut dengan preventive maintenance, perbaikan aset jika asset mengalami kendala, dan yang terakhir adalah pelaporan biaya perawatan aset dan kondisi asset pada saat itu. Berikut sebagian manfaat dari penerapan asset management di aplikasi SAP Hana Cloud:

  • Pemeliharaan aset yang efektif.
  • Laporan akhir suatu aset dapat digunakan untuk keputusan bisnis dan menganalisa kembali kebutuhan aset yang diperlukan dalam industri. 
  • Selain itu, laporan akhir dapat pula digunakan untuk pengambilan keputusan terhadap biaya yang digunakan tiap tahun, hal ini dapat terjadi kemungkinan penurunan biaya tidak perlu yang didapat dari laporan akhir setiap tahun. 

Sourcing and Procurement di SAP Hana Cloud

Sourcing dan Procurement adalah dua buah proses yang mirip tetapi berbeda. Sourcing adalah proses menemukan dan memeriksa material dari pemasok, sedangkan procurement adalah proses mencari pemasok terbaik untuk material yang dibutuhkan.  Terbaik dalam hal ini dapat diartikan pemasok yang dapat memasok material berkualitas dengan harga yang masuk akal. Proses sourcing dilakukan terlebih dahulu sebelum proses procurement. Beberapa keuntungan yang didapat saat mengimplementasikan module sourcing and procurement pada aplikasi SAP Hana Cloud:

  • Pencatatan pembelian dilakukan didalam sistem sehingga dengan menggunakan SAP Hana Cloud fleksibilitas pengajuan pembelian meningkat. 
  • Persetujuan pembelian dilakukan didalam sistem sehingga kecepatan persetujuan pembelian meningkat dengan adanya proses di dalam sistem. 
  • Pencatatan kontrak dilakukan di dalam aplikasi SAP Hana Cloud, sehingga pencatatan pemakaian kontrak menjadi lebih akurat dan terprediksi. 
  • Sistem dapat merekomendasikan item katalog baru dan pembuatan kontrak baru. 
  • Sistem dapat menghitung hutang secara otomatis berdasarkan data proposal yang dimasukkan. 

Sales di SAP Hana Cloud

Sales di dalam SAP Hana Cloud membahas tentang fungsi sales order dan contract management. Proses dimulai dari sebuah pertanyaan dan berakhir dengan tagihan dan pengembalian. Pusat proses sales itu sendiri adalah pemenuhan kebutuhan terhadap pesanan penjualan oleh pelanggan. Keseluruhan proses penjualan dapat kita sebut kontrak, perjanjian, dan pembayaran manajemen, tetapi untuk pertama kalinya, prosesnya dimulai dari pembuatan penawaran. Beberapa keuntungan yang didapat saat mengimplementasikan modul Sales pada aplikasi SAP Hana Cloud:

  • Pada SAP Hana Cloud terdapat aplikasi presales, service order management, dan customer interactions. 
  • Penggunaan aplikasi dapat mengurangi redundansi data, proses yang lebih singkat dan dapat mengurangi dokumen bisnis. 
  • Pada sistem dapat dilihat tanggal pemenuhan kebutuhan sesuai kontrak dan dapat direlasikan dengan stock barang yang ada di gudang. Sehingga kebutuhan pemenuhan barang terhadap pelanggan tidak tertunda. 

Service di SAP Hana Cloud

Service di SAP Hana Cloud mendukung pengaturan dan pengoperasian fungsi dan proses service contact management, business solution portfolio management, service order management, service request management, service billing, dan customer engagement. Beberapa keuntungan yang didapat saat mengimplementasikan modul Service pada aplikasi SAP Hana Cloud:

  • Dengan menggunakan aplikasi SAP HANA Cloud, setiap customer service dapat mencapai peningkatan produktivitas dan selalu tanggap terhadap pertanyaan pelanggan.
  • Module service di SAP Hana Cloud menggunakan tampilan user friendly yang mudah digunakan. 

Penulis :

Putri Cantik Ayuningati – Application Consultant Niaga Prima Paramitra

Sumber: 

Official website SAP Hana Cloud. 2022. https://www.sap.com/sea/products/hana.html?campaigncode=crm-ya22-int-1273132&source=ppc-au-google_ads-search-71700000089530795-58700007766406977-btp_btp-btpx–&dfa=1&gclid=Cj0KCQjw4PKTBhD8ARIsAHChzRKl-ehooZdpy6ltVDZtcGYplD3fscNtXe_AJ-9VfP3hDfunugXnC-IaAhTGEALw_wcB&gclsrc=aw.ds

Kelton. Will. 2021. https://www.investopedia.com/terms/m/manufacturing.asp

Official website SAP Hana Cloud. 2022. https://www.sap.com/sea/products/s4hana-erp/features/r-and-d.html

Official website SAP Hana Cloud.2022.https://www.sap.com/sea/products/s4hana-erp/features/supply-chain.html

Official website SAP Hana Cloud.2022.https://www.sap.com/sea/products/s4hana-erp/features/sourcing-procurement.html

Official website SAP Hana Cloud. 2022. https://www.sap.com/sea/products/s4hana-erp/features/sales.html

Welker. Gerhard. 2022. https://blogs.sap.com/2022/02/23/asset-management-in-sap-s-4hana-cloud-2202/#1.

Official website SAP Hana Cloud. 2022. https://community.sap.com/topics/s4hana/service

Vellemans. Ingrid. 2020. https://www.expertum.net/en/blog/sap-s-4hana-service

Fernando. Jason. 2022. https://www.investopedia.com/terms/s/scm.asp

Lowe. Hunter. 2021. https://www.selecthub.com/eprocurement/future-it-sourcing-and-procurement/

WhatsApp chat