skip to Main Content
021 2788 3570 contact@npp-asia.com

SAP S/4 HANA PUBLIC CLOUD

SAP S/4 HANA PUBLIC CLOUD

Persiapkan Bisnis Anda Dengan Kecerdasan Sistem 

ERP SAP S/4HANA PUBLIC CLOUD

SAP S/4HANA Public Cloud merupakan sistem ERP yang telah disempurnakan dengan menggunakan built-in teknologi yang pintar, termasuk didalamnya Artificial Intelligence dan analitik yang lebih maju. Hal ini membantu perusahaan dalam beradaptasi dengan bisnis model baru secara cepat, kemudian mengelola perubahan proses bisnis yang terjadi, mengatur sumber daya internal maupun eksternal perusahaan, dan sistem ini juga dapat digunakan sebagai predictive analitik kedepannya.

Selain itu, SAP S/4HANA Public Cloud juga dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan inovasi bisnisnya mulai dari level perkembangan top-level, bottom-level, dan green-line.  Dan berikut ini beberapa model bisnis yang dapat dikembangkan dengan bantuan SAP S/4HANA Public Cloud beserta penjelasannya: 

  • Top-level growth atau Membuat model bisnis baru.
    Meningkatkan pendapatan perusahaan dengan memperkenalkan transformasi bisnis model di dalam industri. Software ERP SAP S/4HANA Public Cloud menawarkarkan kapabilitas yang dibutuhkan untuk menjadi inovator.
  • Bottom-level growth atau Transformasi operasi bisnis.
    Membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dengan melakukan otomatisasi di seluruh proses bisnis kritikal, sehingga perusahaan dapat bersiap untuk kemungkinan lainnya yang terjadi di kemudian hari.
  • Green-line growth atau Komitmen yang berkelanjutan.
    Membantu perusahaan dalam keseluruhan proses bisnis dengan mengutamakan kontrol dan transparansi. SAP S/4 HANA Public Cloud dapat membantu dalam menggabungkan keberlanjutan proses bisnis secara menyeluruh di dalam perusahaan.

Keuntungan menggunakan SAP S/4 HANA Finance Public Cloud.

Keuntungan utama menggunakan SAP S/4 HANA Public Cloud yaitu bagaimana sistem dapat menggabungkan antara pemrosesan yang cepat dengan fitur yang terintegrasi untuk berbagai fungsi keuangan, seperti akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Dengan begitu, S/4 HANA Finance Public Cloud dapat membantu perusahaan untuk menyediakan laporan rekonsiliasi triwulan-an dengan lebih cepat, dan dapat menjadi salah satu bukti finansial untuk perusahaan.

Keunggulan lainnya yang didapatkan dari SAP S/4 HANA Finance Public Cloud meliputi:

  1. Melakukan otomatisasi terhadap setiap proses keuangan di dalam perusahaan. Mulai dari akuntansi harian hingga manajemen risiko.
  2. Pelaporan yang dapat ditarik secara langsung pada saat itu juga, serta analisa keuangan mendalam yang memberikan pandangan secara 360°.
  3. Artificial Intelligence yang memberikan wawasan dan rekomendasi keuangan untuk pengambilan keputusan.
  4. Dapat disesuaikan dengan standar keuangan lokal yang berlaku secara global.
  5. Membantu dalam model penagihan berdasarkan langganan atau pembelian berulang.

Kapabilitas Finance Module SAP S/4 HANA PUBLIC CLOUD

Setelah mengetahui tentang keuntungannya, berikut ini beberapa kapabilitas yang dimiliki oleh SAP S/4HANA Finance Public Cloud:

  • Accounting and Financial Close

Kapabilitas ini membuat SAP S/4 HANA PUBLIC CLOUD dapat membantu perusahaan dalam melakukan otomatisasi terhadap akuntansi dan proses tutup buku perusahaan, dimulai dari rekonsiliasi hingga laporan berdasarkan IFRS dan ketentuan hukum akuntansi yang berlaku secara lokal, meliputi:

  1. Pencatatan transaksi keuangan secara langsung saat itu juga dan memberikan laporan akhir terhadap posisi keuangan perusahaan.
  2. Otomatisasi proses keuangan dan manajerial akuntansi, seperti pengakuan pendapatan untuk memastikan adanya penyesuaian.
  3. Dapat membantu dalam proses tutup buku secara realtime dengan sistem yang terotomatisasi sehingga mengurangi usaha yang diperlukan.
  • Financial Operations

Kapabilitas ini dapat digunakan untuk mengembangkan tingkat fleksibilitas dan efektifitas dari operasi keuangan perusahaan dengan tujuan mengurangi rata – rata waktu yang dibutuhkan  perusahaan dalam pengumpulan piutang, penghapusan piutang tak tertagih, dan dapat dengan segera melakukan respon terhadap fluktuasi pasar yang dinamis. 

  • Cost Management and Profitability Analysis

Kapabilitas ini membantu perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dengan kemampuan manajemen biaya overhead yang kuat, penetapan biaya produksi, dan analisa keuntungan meliputi: 

  1. Meningkatkan transparansi atas biaya overhead dan hal yang menjadi penyebab varians.
  2. Menyederhanakan proses alokasi biaya overhead dengan menggunakan jurnal universal sebagai cost centre, profit centre, dan margin analysis.
  3. Akses yang lengkap dan akurat terhadap informasi dan data secara langsung berdasarkan area tanggung jawab setiap usernya. 
  • Treasury and Commodity Management

Kapabilitas ini membantu perusahaan mengembangkan visibilitas penuh terhadap uang tunai, likuiditas, modal kerja, dan risiko keuangan perusahaan. Dan memenuhi kepatuhan terhadap kebutuhan internal dan eksternal menggunakan kontrol yang tertanam. 

  • Enterprise Risk and Compliance

Kapabilitas ini membantu perusahaan mengelola kepatuhan, risiko, dan kontrol di dalam bisnis proses operasi untuk memenuhi kebutuhan regulator terutama untuk memenuhi kepatuhan terhadap aturan impor dan ekspor, perjanjian perdagangan bebas, dokumen perjanjian elektronik, serta pelaporan berdasarkan undang – undang yang berlaku. 

 

Dengan melihat keuntungan dan kapabilitas yang telah dijelaskan di atas tersebut, dapat disimpulkan bahwa jika SAP S/4 HANA Public Cloud dapat membantu perusahaan untuk beradaptasi dengan model bisnis baru, serta membuat proses bisnis menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga perusahaan dapat mencapai profit yang optimal. 

 

Source : 

Official website SAP S/4 HANA Public Cloud for Finance 2022. https://www.sap.com/sea/products/s4hana-erp/features/finance.html#active_tab=item_1650978962068

Website tech target. https://www.techtarget.com/searchsap/definition/SAP-S-4HANA-Finance#:~:text=SAP%20S%2F4HANA%20Finance%20is,all%20levels%20of%20financial%20data.

Official website SAP S/4 HANA Public Cloud 2022. https://www.sap.com/sea/products/s4hana-erp.html?campaigncode=CRM-YA22-INT-1517075&source=ppc-id-google_ads-search&gclid=Cj0KCQjw2MWVBhCQARIsAIjbwoM-5ohE_dsKTud-LiIHvQ3PbYKU9fr1snOMEE-p9QzaBUlolGqWPCkaAs8fEALw_wcB&gclsrc=aw.ds 

 

Penulis :

Avifah Prieska Wulansari

Application Consultant – PT Niaga Prima Paramitra

WhatsApp chat