skip to Main Content
021 2788 3570 contact@npp-asia.com

SAP S/4HANA Cloud – Sales Overview

SAP S/4HANA Cloud

SAP S/4HANA Cloud merupakan solusi berupa sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang didalamnya memiliki teknologi Artificial Intelligence (AI) dan machine learning.  SAP S/4HANA Cloud dapat membantu perusahaan – perusahaan dalam menjalankan proses bisnis yang ada, mengelola perubahan proses bisnis yang baru, maupun dapat mengatur sumber daya baik internal maupun eksternal. SAP S/4HANA ini  dapat mencakup beberapa core business yang ada, antara lain: Finance, Human Resource, Sourcing and Procurement, Manufacturing, R&D/Engineering, Supply Chain, Asset Management, Sales, dan Services.

Berikut ini adalah business process yang ada di SAP S/4HANA Cloud, namun pada artikel kali ini pembahasan akan lebih fokus pada SAP S/4HANA Cloud modul Sales dan juga proses yang ada dalam modul tersebut.

SAP S/4HANA Cloud – Sales

Dalam core business Sales, SAP S/4HANA memiliki modul Sales yang dapat mendukung dan membantu sejumlah aktivitas yang berkaitan dengan penjualan barang atau jasa, yaitu antara lain:

  • Penginformasian produk ke customer
  • Pembuatan quotation
  • Pembuatan sales contract
  • Pembuatan sales order
  • Pengiriman goods
  • Pembayaran delivered goods

Dengan adanya modul Sales ini maka dapat membantu perusahaan dalam menjalankan bisnis mulai dari pembuatan dokumen inquiry, contract, maupun quotation, pembuatan order hingga sampai pembuatan dokumen billing.

Proses Sales dalam SAP S/4HANA Cloud

Adapun beberapa proses dari SAP S/4HANA Cloud modul Sales adalah:

  1. Presales
    Dalam proses presales, modul Sales ini dapat membantu perusahaan dalam membangun dan memelihara hubungan dengan customer. Dengan adanya modul ini perusahaan dapat melakukan tracking sales, proses inquiries, pembuatan dokumen kontrak, pembuatan dokumen quotation, maupun pembuatan dokumen scheduling agreement. Dari informasi- informasi Presales ini juga dapat digunakan sebagai perencanaan atau evaluasi marketing dan sales strategy, dan dapat digunakan sebagai jembatan kerjasama dengan customer.
  2. Sales/Order
    Setelah Presales selesai maka dilanjutkan dengan proses Sales. Dalam proses Sales, modul ini akan membantu dalam proses pembuatan dokumen order, sesuai dengan permintaan ataupun quotation yang dapat diterima, dan dalam proses sales ini setiap informasi akan diberikan seperti informasi customer dan material, informasi price, informasi tanggal pengiriman, informasi proses pengiriman, dan informasi billing.
  3. Delivery/Shipping
    Setelah order dibuat, maka selanjutnya adalah proses Good Delivery. Modul Sales dalam proses Good Delivery dapat membantu untuk memonitor proses pengiriman (shipping) seperti, pengecekan ketersediaan material, monitoring picking and packing, pembentukan dokumen outbound deliveries, hingga proses post good issue. Setiap proses ini dapat merujuk dari dokumen order sebelumnya.
  4. Billing
    Setelah Post Good Issue, proses selanjutnya adalah Billing. Dalam proses Billing, modul ini membantu dalam pembentukan dokumen invoice, pembuatan credit memo, pembuatan debit memo, transfer dokumen data billing ke bagian accounting, dan dapat melakukan pembatalan terhadap dokumen billing sebelumnya.

Kesimpulan dan Penutup

Setelah melihat setiap proses yang dapat dilakukan oleh SAP S4/HANA Cloud pada modul Sales, maka dapat disimpulkan bahwa modul ini dapat membantu dan mempermudah perusahaan dalam proses sales mulai dari proses pre sales hingga proses billing.  Selain itu, dengan adanya SAP S4/HANA Cloud juga akan membantu perusahaan untuk mampu beradaptasi dengan transformasi bisnis saat ini. 

Saat ini NPP berkolaborasi dengan tim SAP Equine dapat memberikan konsultasi berdasarkan kebutuhan pelanggan terkait dengan implementasi SAP S4/HANA Cloud sebagai solusi dalam melakukan transformasi bisnis. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi bizzapp@npp-asia.com.

Penulis : 

Ardyandrea Erstya Surya – Application Consultant PT Niagaprima Paramitra

WhatsApp chat