skip to Main Content
021 2788 3570 contact@npp-asia.com

Teknologi Monitoring Server dan Aplikasi Menggunakan SolarWinds Orion SAM

Teknologi Monitoring Server Dan Aplikasi Menggunakan SolarWinds Orion SAM

Teknologi Monitoring Server dan Aplikasi Menggunakan SolarWinds Orion SAM

Di era kemajuan teknologi yang semakin pesat, banyak sekali ide maupun inovasi yang terus dikembangkan dengan tujuan efisiensi, keamanan, user friendly, dan instan. Tidak lain maksud dari semua perkembangan teknologi tersebut adalah untuk mempermudah segala bidang yang dibutuhkan sehari-hari. Contoh yang dapat kita temukan di kehidupan sehari-hari adalah kemajuan telekomunikasi yang awalnya manusia hanya dapat berinteraksi ke manusia yang jaraknya jauh menggunakan surat, kini semua itu bisa dilakukan melalui smartphone ataupun telepon genggam.  Begitu juga dengan kemajuan teknologi komputer dan server yang dahulunya server memiliki fisik yang lebih besar kini dapat diciptakan dengan ukuran yang lebih kecil sehingga tidak membutuhkan space yang lebih besar. Tentu saja dari semua kemajuan teknologi tersebut tidak terlepas dari sistem keamanan yang juga terus ditingkatkan guna meningkatkan rasa aman dan kontrol secara terpusat oleh pengguna.

Salah satu sistem keamanan yang dapat dimanfaatkan untuk memantau setiap kinerja perangkat dan sistem yang dibangun oleh perusahaan adalah dengan menyediakan fitur Monitoring terpusat dan real-time, yang membuat setiap pengguna dapat mengontrol dan memantau semua kinerja perangkat mereka dalam satu dashboard yaitu SolarWinds Monitoring.

SolarWinds Orions adalah sebuah platform yang menyediakan berbagai macam solusi monitoring yang sangat bermanfaat untuk memantau berbagai macam aktifitas seperti kondisi server dan aplikasi (SAM).  SolarWinds Server and Application Monitoring (SAM) dapat dijadikan solusi terbaik dalam mengelola berbagai macam aktifitas dari perangkat server seperti monitoring resource, utilisasi, capacity planning, report, notification (alert), dan pemantauan secara realtime, mudah, juga terpusat. Berikut contoh gambaran akses kontrol SolarWinds:


Gambar 1 :
SolarWinds Overview

Bagaimana SolarWinds SAM Bekerja?

Cara kerja SolarWinds SAM dalam memonitor perangkat server dan aplikasi menggunakan protokol yang sudah tersedia di setiap perangkat yang kita gunakan seperti WMI untuk Windows Server, SNMP/ICMP untuk Linux dan Windows, juga Agent yang di push ke server yang akan di monitor melalui Web Console SolarWinds.

Dengan menggunakan protokol UDP, TCP, SNMP, WMI, dan WinRM ke server dan aplikasi Anda, SAM memberikan umpan balik secara real-time tentang aplikasi dan tren melalui statistik yang disimpan di Orion basis data. Tidak ada agen yang dipasang di server dan tidak ada perangkat lunak jarak jauh yang harus dipelihara. Semua panggilan dilakukan secara real time dan ditampilkan di Platform Orion yang dapat diakses dari browser apa pun yang didukung. Perhatikan gambar dibawah bagaimana komunikasi antar perangkat solarwinds.

 

Gambar 2 : SolarWinds Flow

Beberapa Manfaat yang Didapat dari SolarWinds Server and Application Monitoring

  1. Dashboard User Friendly
    SolarWinds memiliki tampilan yang dapat di custom sesuai selera dan kebutuhan masing-masing user.  Melalui satu dashboard dapat menampilkan informasi secara keseluruhan mulai dari informasi resource, utilization, capacity, dan actual condition sehingga memudahkan user untuk berkreasi dan memantau kondisi sebagian besar perangkat sekaligus dalam satu dashboard.  Dibawah ini adalah contoh tampilan dashboard SolarWinds.

    Gambar 3 : Sample Dashboard SolarWinds
  2. Asset Inventory Server

    SolarWinds Orion juga dapat memberikan informasi terkait inventory masing-masing perangkat yang di monitor secara keseluruhan mulai dari jenis perangkat, type processor, type/serial hard drive, memory, grafik/audio driver, port usb dan masih banyak lagi. Gambar dibawah merupakan contoh tampilan dashboard yang menampilkan asset inventory server.

    Gambar 4 : Dashboard Asset Inventory Server

  3. Notification Alert
    Semua aktivitas dan kondisi perangkat yang sudah termonitor oleh SolarWinds terintegrasi dengan notification alert yang dapat diterima oleh user melalui e-mail ataupun telegram. Alert disini akan menotifikasi user ketika perangkat yang dimonitor mengalami disaster, downtime, over usage, threshold utilization yang sudah disetting sesuai alert yang sudah di create.
    Gambar 5 : Sample Notification Alert Mail
  4. Report

    User dapat menarik report untuk semua perangkat/node yang di monitor seperti penggunaan resource, informasi inventory device, utilization, availability dll dalam bentuk file yang sudah di convert ke pdf/excel dan user juga dapat menarik report secara terjadwal seperti weekly, monthly yang di assign ke email user secara otomatis.
    Gambar 6 : Sample Report Utilization SolarWinds

Kesimpulan

SolarWinds Server and Application Monitoring dapat menjadi solusi terbaik untuk aktivitas monitoring perangkat-perangkat yang kita miliki seperti server, aplikasi, web server, storage, bahkan virtualisasi hanya dalam satu dashboard yang sudah di design sesuai kebutuhan.  User tidak perlu lagi melakukan pengecekan ke masing-masing perangkat yang terpisah dengan cara pengecekan satu persatu, dimana dengan SolarWinds user dapat melakukan pengecekan semua perangkat yang dimonitor dalam satu control untuk dapat memonitor resource, utilization, performance, capicity, membuat alert notification, bahkan menarik report dari semua perangkat yang termonitor SolarWinds 

 

  1. Niagaprima Paramitra merupakan salah satu partner dari SolarWinds yang menyediakan solusi monitoring untuk mendukung customer mendapatkan fasilitas monitoring dan service yang mengedepankan kualitas dan layanan. NPP sudah berpengalaman melakukan implementasi dan maintenance untuk produk SolarWinds di berbagai perusahaan yang ada di Indonesia dan dilakukan oleh team yang berpengalaman, memahami permasalahan dan kebutuhan customer dengan memberikan berbagai solusi yang dibutuhkan oleh customer.

 

Penulis : Putra Anggara
Position : Technical Consultant IT Infrastructure – Data Center Technology Service

 

Referensi :

 

  1. Ebook Administrator Guide
    https://documentation.solarwinds.com/en/success_center/sam/content/sam_administrator_guide.htm
  2. Dashboard SolarWinds
    https://thwack.solarwinds.com/product-forums/the-orion-platform/f/forum/90718/building-modern-dashboard
  3. Official Website PT. Niagaprima Paramitra
    https://npp-asia.com/
WhatsApp chat