skip to Main Content
021 2788 3570 contact@npp-asia.com

Transformasi Digital Pada Masa Pandemi

Transformasi Digital Pada Masa Pandemi

Sebelum pandemi COVID-19 melanda Indonesia, kita terbiasa melakukan aktivitas luar dengan mobilitas sehari-hari yang cukup tinggi. Dalam kondisi pembatasan skala besar dalam bidang IT, mengharuskan transformasi digital yang cepat dan terus berlangsung. Pertumbuhan penggunaan internet dan data dalam masa pandemi juga meningkat tinggi, karena pembelajaran tatap muka langsung pada tiap sekolah ditiadakan dan digantikan menjadi tatap muka secara daring atau online.

 

Pengertian Digital Transformasi

Digital transformasi adalah perubahan metode atau kebiasaan sebuah atau sekelompok profesional yang sebelumnya masih menggunakan cara atau kebiasaan yang menggunakan proses manual diubah menggunakan metodologi dengan sistem digital yang membantu mempersingkat proses dan waktu dalam sebuah pekerjaan. Seperti tatap muka sekolah secara langsung yang berubah dengan secara daring atau online.

 

Apa Manfaat Dari Sebuah Digital Transformation

Banyak hal yang didapat dari transformasi digital, dari proses suatu sistem menjadi lebih singkat dan efisien, serta dapat dilakukan control lebih transparan dan status dapat dilihat dengan aktual. Meskipun dampak yang terjadi dari pandemi ini mengharuskan untuk tetap terhubung dengan kerabat kerja dan saudara. Rapat yang biasa dalam satu ruangan, kini bertransformasi menjadi rapat daring dengan menggunakan pihak aplikasi penyedia dan dukungan jaringan telekomunikasi. Untuk dapat selalu terhubung dalam kondisi pandemi merupakan poros inti demi berjalannya keberlangsungan proyek pada suatu pekerjaan. Rapat daring membuat produktivitas kinerja menjadi lebih baik. Sistem keamanan yang ditawarkan pada transformasi digital juga menjadi lebih baik. Adapun kegiatan yang tetap dilakukan secara langsung dilakukan dengan  mengikuti aturan protokol kesehatan yang berlaku. 

 Gambar 1 menggunakan alat sesuai protokol kesehatan

 

Kesimpulan

Dengan adanya transformasi digital yang sebelumnya tim proyek harus onsite dan membutuhkan waktu dalam perjalanan ke tempat pelanggan, mempersingkat waktu untuk bisa langsung mengerjakan secara remote, dimana metode remote juga dapat dilakukan dari kediaman atau rumah dari setiap tim proyek yang mengerjakan proyek tersebut. Komunikasi yang digunakan tim proyek juga terbangun dengan baik dengan menggunakan online meeting aplikasi, sehingga tim proyek dengan efisien dapat mengerjakan proyek dalam waktu yang tepat dan tidak terpotong dengan waktu untuk perjalanan ke tempat proyek atau on site.

Pencapaian tim proyek juga termonitor dengan baik dengan terbentuknya komunikasi yang baik dari Project Manager selaku managing project, status masing-masing proyek yang berjalan dapat dilakukan secara online dengan metode penyampaian status proyek secara online atau daring kepada pelanggan, metode yang digunakan juga berubah yang sebelumnya harus rapat langsung dan datang ke tempat pelanggan untuk memberikan status dari proyek, disampaikan dengan menggunakan rapat daring dengan menggunakan sarana sesuai kesepakatan dengan pelanggan, yang mana bisa menggunakan aplikasi Zoom, Google meet maupun Microsoft teams. Transformasi digital ini berlangsung sangat cepat demi menunjang kinerja tim dan pencapaian hasil proyek sesuai dengan waktu yang sudah direncanakan oleh tim proyek.

Adapun transformasi digital yang dapat dirasakan penuh oleh tim proyek adalah dengan seringnya berkomunikasi dengan pelanggan dalam sebuah grup rapat ataupun bisa langsung berkomunikasi menggunakan aplikasi pesan atau email membuat waktu pekerjaan menjadi efisien dan proyek yang dikerjakan lebih tepat waktu.

  1. Niagaprima Paramitra sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa teknologi dan system integrator yang berpengalaman, dapat terus mendukung proses penyedia IT infrastructure dan cloud computing pada salah satu customer yang merupakan Perusahaan Jasa telekomunikasi yang mana pada saat pandemic merupakan perusahaan yang sangat tinggi kebutuhannya akan IT infrastructure.

Jika anda masih ragu memilih solusi terbaik untuk proses digital transformasi perusahaan anda, silahkan coba diskusi lebih lanjut dengan kami melalui contact@equine.co.id www.npp-asia.com dan juga WhatsApp untuk berkonsultasi gratis mengenai solusi digital transformation ini.

 

———-

Penulis :

Hastin Tan Rioky

Infrastructure Consultant – PT Niagaprima Paramitra

 

Ref: https://www.kominfo.go.id/content/detail/30653/dirjen-ppi-survei-penetrasi-pengguna-internet-di-indonesia-bagian-penting-dari-transformasi-digital/0/berita_satker

WhatsApp chat